Berita SamosirBudaya dan Tarombo

Kementerian Pariwisata Minta Samosir Bentuk FTKP

Samosir, SIMARMATA.or.id – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata mendorong masyarakat yang tergabung dalam pelaku pariwisata hingga pemerintah daerah untuk membentuk Forum Tata Kelola Pariwisata (FTKP).

Setelah berhasil menggagas FTKP di daerah Sabang, Banda Aceh, Kementrian Pariwisata bergerak ke kawasan Danau Toba dan menggelar workshop penataan dan penguatan kelembagaan yang diadakan di Tuktuk View Inn, Kamis(12/11).

Dihadiri seluruh pelaku pariwisata yang ada di Samosir dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Ombang Siboro, kegiatan yang digagas Kementrian Pariwisata mengangkat Luker Sidabutar sebagai ketua formatur pembentukan pengurus FTKP Kabupaten Samosir.

Dalam tugasnya, Luker akan berkoordinasi dengan 21 orang tim yang terpilih untuk segera mengangkat pengurus FTKP Kabupaten Samosir 2015, dan nantinya bertugas mengkordinir semua kebutuhan Pariwisata Samosir.

Dalam sesi pemaparan yang juga narasumber hadir perwakilan FTKP dari Sabang Wiwin Ismadi serta dipandu oleh perwakilan Kementrian Pariwisata Andhy Marpaung.

Wiwin menjelaskan bagaimana FTKP di Sabang dibentuk dan digagas oleh masyarakat dan pemerintah, sehingga daerah Sabang menetapkan visinya menjadi daerah tujuan wisata.

“Pada awalnya Sabang bukan daerah wisata, namun setelah dibentuknya FTKP di Sabang, muncul pemikiran baru dari pemerintah dan menjadikan Sabang menjadi daerah wisata,” kata Wiwin.

Ia juga berharap, dengan FTKP di Samosir, maka Samosir dengan Danau Toba semakin terkenal dan dikenal dunia sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Ombang Siboro menyampaikan, pihaknya menyambut baik upaya dari Kementrian Pariwisata dengan mendorong dibentuknya FTKP. Sehingga, masyarakat semakin bersemangat dalam meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Samosir.(sam-1/js)

Janner Simarmata

Dr. Janner Simarmata, S.T., M.Kom. (C.SP., C.BMC., C.DMP., C.PI., C.PKIR., C.SF., C.PDM., C.SEM., C.COM., C.SI., C.SY., C.STMI INT'l., CBPA., C.WI.) Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, di mana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012, 2012-2016 dan 2016-2023. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008-2022, kini diangkat menjadi Dewan Pakar DPP.

Artikel terkait

Back to top button