Kepemudaan

Bangun Solidaritas, DPP Kepemudaan adakan Ramah Tamah, Tindak Lanjut RAKERNAS 1 JULI 2022

Pdt Hisar Simarmata, “Generasi muda Simarmata harus peduli dengan marga Simarmata dan gereja.”

Jakarta, Simarmata.or.id – Untuk menindaklanjuti Rakernas DPP Simarmata 1 Juli 2022, Bidang Kepemudaan dalam  realisasi program kerja di Periode 2021-2026 melalui zoom  mengadakan kegiatan “Ibadah dan ramah tamah Generasi Muda Simarmata Se Indonesia”, Sabtu 23 Juli 2022.

Di awal sambutan  ketua DPP bidang kepemudaan  salah satu dari generasi X ( 41-56 tahun ) dari yang hadir menyampaikan   merasa  bangga  hadir diantara  generasi muda usia  17 -40  tahun yang disebut  generasi  Y ( milenial ) sampai generasi Z .Generasi milenial  adalah generasi yang memiliki ambisi yang kuat dalam mengejar masa depan dan generasi yang terbuka dalam menghadapi perubahan ke arah perkembangan dunia .Generasi muda Simarmata harus mempunyaI komitmen untuk meraih hidup yang lebih baik . Meraih kesuksesan dengan sendirinya mengangkat nama baik Pomparan ( keturunan ) Simarmata ,tegas  Darwin Simarmata .

Generasi muda Simarmata  harus Lebih  saling mengenal & menjalin  hubungan yang kuat karena  Simarmata harus  “SATU”.  Generasi muda Simarmata saat ini sebenarnya sudah memiliki  wadah untuk   forum generasi muda Simarmata  yang disebut dengan Forum Generasi Muda Simarmata ( Forgemsi ). Untuk inilah Bidang kepemudaan hadir  memfasilitasi DPP Forgemsi dalam hal memperkenalkan Forgemsi kembali ke generasi muda Simarmata dimanapun berada, Ungkap Ketua DPP Bidang Kepemudaan.

Dalam sesi kebaktian   Pdt . Hisar Simarmata kepada  peserta zoom yang hadir  menyatakan generasi muda Simarmata harus bisa menjadi teladan , berprestasi dan saling  mendukung di Pomparan ( Keturunan ) Simarmata  dimanapun berada . Harus diingat  kita sekarang ,kita besok  dan kita Juga untuk selanjutnya ungkap salah satu generasi muda Simarmata ini  yang beberapa tahun lalu  aktip di Punguan Naposo Bulung  ( PNB ) Jakarta .

Ketua Umum DPP Simarmata Ir Tumpal Simarmata  dalam sambutannya mengatakan generasi muda Simarmata kita sebutlah  Generasi 1740 ( dibaca tujuh belas empat puluh ) adalah generasi  yang punya   segmen usia, punya stamina , potensi  dan power untuk adaptif terhadap perubahan karena mereka memiliki kecerdasan. Kalau usia diatas 50 tahun  justru mereka yang meminta orang lain adaptif terhadap mereka , tegas  Ir Tumpal Simarmata  , Alumni Teknik Elektro ITB yang  masuk dalam generasi Baby Boomers ( kelahiran 1946 -1964 ).

Pada kesempatan yang sama Ketum DPP Simarmata juga menyampaikan selamat kepada anak anak / adik adik   yang lulus di PTN , Inilah langkah pertama mengadaptasi kepada sebuah perubahan dari  tidak mandiri menjadi generasi yang mandiri .

Bagi generasi muda  Simarmata , boru-bere yang masuk dan menekuni kuliah di PTS  jadikan kesempatan ini menjadi ajang sama sama meraih prestasi di perguruan tinggi dan dunia kerja nantinya. Kegagalan tertunda  bukanlah menjadi akhir sebuah perjuangan .Banyak cara untuk meraih kesuksesan itulah sebabnya  generasi milenial Simarmata  harus mampu meraih kesuksesan lebih banyak lagi.   Generasi muda harus ingat apa yang menjadi semboyan  di RAKERNAS Simarmata , seperti apa yang disampaikan Ibu Pendeta saat itu : “SIMARMATA BERKARYA NYATA , SIMARMATA BERKARYA BUKAN KATA KATA “. 

Namun demikian di akhir kata sambutan Ketua Umum ingin memberikan fondasi kuat kepada generasi muda Simarmata  yang dikenal dengan High Trust Society yaitu membangun komunitas saling percaya di antaranya adalah :

  1. Self trust              :  meningkatkan kredibilitas melalui ilmu pengetahuan
  2. Relationship trust : komitmen di dalam satu hubungan  antar pribadi maupun di organisasi
  3. Social trust           : kontribusi dalam berorganisasi / perkumpulan untuk menghasilkan yang baik
  4. Leadership trust : delegatip dalam membagi atau mendistribusikan tugas  ke anggota
  5. Market trust       : perlu reputasi baik  dalam kongsi berusaha atau joint operasi dalam berbisnis

Semangat generasi muda yang hadir saat ini semoga tidak padam ,  Ketum DPP Simarmata dalam sambutannya sangat yakin bahwa kekuatan  besar  generasi muda menjadi modal untuk mewujudkan cita cita program DPP Simarmata salah satunya mengadakan Jambore Nasional  Pemuda  Simarmata di Samosir .

Ramot Simarmata ketua Forgemsi  dalam kata sambutannya menjelaskan terkait Forgemsi  didirikan  1997  bertujuan memfasilitasi dan menyiapkan generasi muda dari naposo bulung ( Remaja ) sampai berumah tangga kelak menjadi pemimpin di Punguan ( Perkumpulan ) Pomparan (Keturunan ) Marga Simarmata .Forgemsi  hadir untuk membentuk  generasi muda Simarmata yang pintar , bermanfaat dan berbudaya. Dalam sesi tanya jawab  terlihat  generasi muda  yang berada di luar negeri  ikut ambil bagian  dengan bertanya tentang program  Forgemsi diantaranya : Agung   ( Belanda ), Eko ( Jerman ) ada juga peserta  lain Brillian Halomoan ( USA)  dan  Jepang .  Kesempatan lain tanpa ada diskriminasi  diberi juga kesempatan kepada Generasi Simarmata yang ada timur Indonesia  di Timika ( Ronald ) , Surabaya ( Jepta ) ,Semarang ( Gerri ) , Jabodetabek ( Guntur & Rifson ) , Bandung ( Sanflawer , Samuel Simarmata  dkk ), Tanah Jawa  ( Harris Sirait lulus di Un. Jambi ),Palembang /Kayu Agung  begitu juga daerah lain seperti Batam ,Medan , Tangerang – Banten ,Siantar  dan daerah lainnya.

Berikut ini  data peserta yang hadir dan daerah asalnya :

Daftar Peserta Ibadah bersama dan Ramah Tamah FORGEMSI

Hadir pada saat itu, Pengurus DPP Simarmata Ketua Umum Ir Tumpal Simarmata, Sekjen Ir. Razat Simarmata (host), Waketum 1 : Binsar Toga Simarmata, Wasekjen 1 : Sihar Simarmata, Wasekjen 2 : Sophar Simarmata, Wasekjen 3 : Lazarus Bona Simarmata, dan Pengurus DPW Bandung ( A. Cuan Simarmata ) dan Ketua DPP Forgemsi : Ramot Simarmata, Bidang Kepemudaan, para orangtua , generasi muda Simarmata seluruh Indonesia dan luar negeri serta beberapa generasi muda yang baru lulus masuk PTN. Dengan kerjasama dan dukungan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dimanapun generasi mudanya berada akhirnya acara ini dapat berlangsung dengan baik.

Dalam sesi kebaktian dipimpin bapak Pdt. Hisar Simarmata, dalam khotbahnya kepada peserta yang hadir agar generasi muda Simarmata harus bisa menjadi teladan, berprestasi dan saling mendukung di Pomparan ( Keturunan ) Simarmata di manapun berada. Harus diingat “kita sekarang, kita besok dan kita Juga untuk selanjutnya”ungkap salah satu generasi muda Simarmata ini yang beberapa tahun lalu aktif di Punguan Naposo Bulung ( PNB ) Jakarta. ( d/s)

User Rating: 4.28 ( 4 votes)

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button