Berita SamosirBudaya dan Tarombo

Batu Marhosa, Objek Wisata Yang Sakral dan Penuh Mistis

Samosir. SIMARMATA.or.id – Batu Marhosa kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah Batu Bernafas. Batu Marhosa ini berada di Sigarantung desa Parmonangan Huta Sosortolong Kecamatan Simanindo di Pulau Samosir, Sabtu (12/11/16).

Batu Marhosa adalah fenomena alam batu benafas atau dapat menghembuskan udara dan menurut informasi celah tersebut tembus sampai ke dasar danau toba.

Forum IHAN BATAK Tiur Gultom dan Riswan Limbong Melakukan Pembersihan Dilokasi Batu Marhosa
Forum IHAN BATAK Tiur Gultom dan Riswan Limbong Melakukan Pembersihan Dilokasi Batu Marhosa

Batu Marhosa oleh Pemerintah Daerah dijadikan sebagai salah satu objek Pariwisata dan ini layak untuk dikunjungi, tempat ini juga ada tempat sesajen, karena masih banyak orang yang datang kesana untuk untuk berdoa dan meminta sesuatu kepada Ompu Mula Jadi Nabolon menurut kepercayaan orang batak dahulu.

Karena ini adalah tempat yang disakralkan sebaiknya bila berkunjung kesana kita harus hormat dan sembarangan dalam berperilaku atau berucap. (js)

Admin

Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Artikel terkait

Back to top button