Kegiatan DPP SimarmataPendidikan dan Pengembangan SDM

SMAN 2 Siantar Raih Prestasi Di Bidang Ekskul Dan Akademik

Pematangsiantar, SIMARMATA.or.id – Dalam kurun waktu Tahun 2015-2016, ada begitu banyak prestasi yang diukir oleh para siswa SMAN 2 Pematangsiantar, baik di bidang ekskul maupun bidang akademik.

Dan, kebanggaan ini dirayakan oleh kepala sekolah, guru dan siswa dalam bentuk upacara pada Senin (18/4). Secara simbolis, Kepala SMAN 2 Pematangsiantar Hasbiansyah Sinaga memberikan trofi-trofi yang diraih kepada perwakilan siswa.

Hasbiansyah mengatakan bahwa prestasi adalah sesuatu yang wajib di SMAN 2 Pematangsiantar. Dikatakan, guru-guru selalu memberi motivasi kepada siswa agar jangan mau menjadi siswa yang biasa-biasa saja, namun harus menunjukkan diri melalui prestasi.

Dia mengtatakan, untuk mendukung bakat dan kemampuan siswa agar membuahkan sebuah prestasi, pihak sekolah sangat serius melakukan pengembangan, salah satunya dengan mendatangkan pelatih profesional.

“Contohnya, voli. SMAN 2 selalu menjadi juara, baik putra dan maupun putri. Bahkan, untuk kategori putra, pihak sekolah mendatangkan pelatih kelas nasional,” ujarnya.

Dan, kehebatan siswa dalam bidang bola voli ini juga dibuktikan dengan ikut sertanya dua siswa sekolah ini mengikuti Training Center (TC) mewakili Sumatera Utara untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Edward Simarmata menambahkan, keberhasilan para siswa meraih prestasi juga karena karena wadah bagi siswa yang memiliki bakat cukup lengkap di SMAN 2 Pematangsiantar.

“Hampir di segala bidang ada wadah yang bisa menampung dan mengembangkan bakat siswa. Baik itu olahraga, seperti voli, futsal, basket dan badminton. Kemudian, bidang seni, seperti paduan suara, teater, fotografi, film, bidang akademik, kerohanian, bahkan bagi yang hobi berkebun dan bercocok tanam, ada wadah yang menampungnya,” ujar Edward sembari menambahkan bahwa di SMAN 2 Pematangsiantar, ada sejumlah kebun yang ditata unik dan indah serta ada apotek hidup yang merupakan hasil kerja para siswa.

Dan, demi menjaga prestasi, pihak sekolah wajib menekankan disiplin bagi para siswa untuk menumbuhkan jiwa yang bertanggungjawab kepada mereka.

“Disiplin adalah salah satu kunci utama meraih dan mempertahankan prestasi. Disipilin itu harus,” ujarnya.

Adapun prestasi yang telah diraih para siswa SMAN 2 Pematangsiantar selama tahun 2015-2016 adalah: Juara 3 Stok Bina Guna Futsal Fighting III 2016, Juara Harapan 2 DBL North Sumatera Series 3×3 Competition, Juara 3 Voli Putri Tingkat SMA/SMK O2SN dan HUT FK GOR XV 2016, Juara 4 Futsal Championship Podam I/BB usia SMA sederajat 2016, Piala Bergilir Volley Ball Putra Dharmawangsa Cup, Juara 1 Putra Dharmawangsa Cup XXII Turnamen Volley antar SLTA.

Kemudian, Juara 1 Cerdas Cermat Tingkat SMA Dies Natalis PPKN ke-50 Fak Ilmu Sosial Unimed, Juara 1 Paduan Suara Tingkat PMR Wira Jumbara PMR III 2015 PMI Sumut, Juara 2 Deville Terbaik Tingkat SMA/SMK/MA KIPAS IV Sumut, Pemain Terbaik Putra Dharmawangsa Cup XXII Turnemen Voli 2016, Juara 2 Olimpiade Matematika HKBP Tingkat SMA 2016, Juara 1 Kreativitas Peserta Kemah Kerja Konservasi 2015.

lebih lanjut, Juara Umum Lomba Pramuka Penegak Kota Siantar 2015, Juara 3 Basketball Methodist Cup 2015, Piala Bergilir Volli Putra HUT FK GOR XV 2016, Juara 1 Olimpiade Sains Bidang Studi Biologi Tingkat SMA Se-Siantar 2016, Juara 2 Voli Putra Tingkat SMA HUT ke-66 Rindam I/BB 2016 dan Juara 1 Voli Putra OSN dan FK GOR XV. (ara/osi/mes)

Janner Simarmata

Dr. Janner Simarmata, S.T., M.Kom. (C.SP., C.BMC., C.DMP., C.PI., C.PKIR., C.SF., C.PDM., C.SEM., C.COM., C.SI., C.SY., C.STMI INT'l., CBPA., C.WI.) Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, di mana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012, 2012-2016 dan 2016-2023. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008-2022, kini diangkat menjadi Dewan Pakar DPP.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button