Natal

Natal Siaga Satu, 150 Ribu Personel Gabungan Dikerahkan

Jakarta, SIMARMATA.or.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Badrodin Haiti menyebutkan, sebanyak 150.554 personel gabungan yang terdiri dari Polri, Tentara Nasional Indonesia, dan instansi terkait dikerahkan untuk menjaga perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun baru termasuk juga kelanjutan operasi Mantap Praja, dalam rangka pengamanan Pilkada yang belum selesai. Oleh karena itu kita tetapkan siaga satu sejak tanggal 7 Desember sampai nanti selesai operasi lilin mulai tanggal 24 Desember 2015 sampai dengan 2 Januari 2016,” kata Badrodin.

Tak hanya itu, Badrodin memaparkan, pihaknya telah menyiapkan pos-pos pengamanan sebanyak 1.557 titik yang tersebar dalam 12 kepolisian daerah prioritas, di antaranya Sumatra Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Daerah-daerah tersebut menurut Kapolri, dianggap rawan terjadi ganguan keamanan seperti radikalisme, intoleransi, dan terorisme. Peningkatan keamanan akan dilakukan di tempat ibadah, terminal, pelabuhan, bandara, stasiun, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi atau tempat-tempat yang dimanfaatkan masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun.

“Ini daerah-daerah yang memang di dalam perayaan Natal dan Tahun Baru ada beberapa kerawanan-kerawanan yang harus kita lakukan antisipasi. Di luar polda itu adalah rawan prioritas kedua,” katanya.

Ia menambahkan, “Seluruh petugas yang kita kerahkan, baik dari Polri maupun dari TNI dan instansi terkait sebanyak 150,554 personel. Jumlah tersebut terdiri dari personel 80.203 personel Polri dan 7.351 personel TNI serta instansi lainnya. Polri juga menyiapkan 1.557 pos pengaman yang disebar di seluruh daerah.”

Ia menyimpulkan, secara keseluruhan, persiapan-persiapan pengamanan sudah dilakukan untuk melanjutkan Operasi Mantapraja ini. “Kemudian kita lanjutkan dengan Operasi Lilin. Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan aman tanpa ada gangguan yang berarti,” ujar Badrodin. (voa/cnn)

Janner Simarmata

Dr. Janner Simarmata, S.T., M.Kom. (C.SP., C.BMC., C.DMP., C.PI., C.PKIR., C.SF., C.PDM., C.SEM., C.COM., C.SI., C.SY., C.STMI INT'l., CBPA., C.WI.) Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, di mana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012, 2012-2016 dan 2016-2023. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008-2022, kini diangkat menjadi Dewan Pakar DPP.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button