Kegiatan DPP Simarmata

Sejarah KSP Simataraja Kota Medan

Medan, SIMARMATA.or.id – KSP Simataraja diprakarsai Pengurus dan Penasehat Punguan Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna kota Medan, maka mulai 1 April 2013 secara resmi berdiri Koperasi Simataraja yang diberi nama Koperasi Simpan Pinjam Simataraja (KSP Simataraja).

KSP Simataraja didirikan oleh 29 anggota yang selanjutnya disebut sebagai anggota pendiri dengan modal masing-masing Rp. 1.000.000,- dan modal hibah dari bapak CP Nainggolan, MAP dan bapak Drs. Igansius Sago masing-masing sebesar Rp. 49.000.000,-.

Tujuan dari pendirian KSP Simataraja adalah sebagai salah satu kegiatan punguan Punguan Simataraja untuk membantu anggota Punguan Simataraja dari segi permodalan untuk meningkatkan ekonomi para anggota dalam hal usaha perdagangan atau keperluan lainnya.

Selain hal tersebut diatas untuk memberikan lapangan kerja bagi anggota sebagai pengurus dan Pegawai Koperasi.

KSP Simataraja resmi di launching pada tanggal 01 April 2013 dan pengurus KSP Simataraja beserta Pengawas telah melakukan sosialisasi kepada Punguan Simataraja di setiap sektor di partangiangan dan pada umumnya semua sektor menyambut baik berdirinya koperasi ini, namun belum semua anggota punguan Simarmata disetiap sektor menjadi anggota KSP Simataraja, tetapi diharapkan kedepan dengan kerjasama semua anggota disektor menjadi anggota KSP Simataraja.

Sebagai pengganti undang-undang perkoperasian No. 25 tahun 1992, telah diterbitkan pemerintah kembali undang-undang perkoperasian No. 17 tahun 2012, tetapi masih dalam sosialisasi kepada seluruh perkoperasian ditanah air. Pemerintah telah membatalkan berlakunya undang-undang perkoperasian No. 17 tahun 2012 dan kembali memberlakukan undang-undang No. 25 tahun 1992, berkaitan dengan itu maka seluruh anggota KSP Simataraja diwajibkan membayar Simpanan Wajib setiap bulan sebesar Rp. 25.000,- per anggota.

Berdasarkan undang-undang perkoperasian bahwa setiap tahun harus diadakan RAT (Rapat Anggota Tahunan) sebagai laporan pertanggungjwaban kepada anggota koperasi.

Untuk operasional tahun 2013 telah diadakan RAT pada tanggal 17 Mei 2014 dengan posisi masih rugi. Untuk laporan pertanggungjwaban operasional tahun buku 2014, maka diadakan RAT hari ini pada tanggal 11 April 2015 di jalan Cik Ditiro Medan.

Kepengurusan Periode 1 Januari 2014 – 31 Desember 2014:

  1. Ketua : st. Lastor Simataraja
  2. PJS Sekretaris : Yanti Novalia Simarmata, AMd
  3. PJS Bendahara : Betti Siburian, SE

Admin

Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button