Bona Taon 2014 Punguan Simataraja Raja Simarmata Sektor Serpong

Bona Taon 2014 Punguan Simataraja Raja Simarmata Sektor Serpong

Punguan Simataraja Raja Simarmata Sektor Serpong pada tanggal 22-23 Februari 2014 melaksanakan acara bona taon di Villa Mawar, Cisarua Bogor. Acara ini ditujukan sebagai ungkapan syukur atas berkat Tuhan melewati 2013 dan menjalani 2014 serta menjalin kebersamaan dan keakraban diantara keluarga.

Sesuai dengan jadwal, para keluarga berangkat dari Serpong (Tangerang) dan sekitarnya hari Sabtu pagi. Walaupun hujan sedang melanda Jabodetabek, tapi tidak menyurutkan niat tiap keluarga untuk berangkat karena sudah disepakati jam 12.00 WIB sudah hari tiba di lokasi supaya dapat makan siang bersama dimana tiap keluarga membawa makanan untuk disantap secara bersama.

Hujan yang terus turun sepanjang perjalanan membuat laju kendaraan berjalan secara hati-hati dan perlahan, sedikit banyak menyebabkan keterlambatan kedatangan para pomparan Simataraja di puncak. Disamping tentunya peserta yang baru pertama kali ke lokasi Villa Mawar, Cisarua karena lokasi masih masuk sekitar 3 KM dari jalan raya cisarua dan jalan agak curam dan berliku.

Tepat jam 13.30, makan siang bersama dilakukan dengan menyantap aneka menu yang dibawa masing-masing keluarga antara lain nasi, sibahut natinombur, ikan teri, babi arsik, spageti. Perpaduan menu yang marragam-ragam namun disantap dengan suka cita dan rasa kebersamaan.

Selanjutnya di sore hari, acara dimulai jam 16.00 WIB yaitu acara game kelompok dan lomba joget bola antar pasangan. Acara game kelompok dilakukan dengan membagi peserta menjadi 4 kelompok. Disini game dilakukan melihat kecepatan dan kebersamaan antar anggota untuk memindahkan karet dari satu tempat ke tempat lain sebanyak-banyaknya secara estafet dengan menggunakan sedotan kecil dimulut. Dibutuhkan kelihaian memindahkan karet dari satu anggota ke anggota yang lain dengan sedotan supaya karet tidak jatuh. Game berikutnya yaitu lomba joget. Para pasangan berjoget dengan menempelkan bola diantara dahi, pasangan yang terlama bolanya jatuh menjadi pemenang. Keselarasan dan keseimbangan antar pasangan menjadi syarat utama supaya bola tidak jatuh. Mungkin ini menjadi ilustrasi bahwa dalam keluarga diperlukan senantiasa keselarasan antara bapak dan ibu supaya tujuan baik keluarga dapat tercapai dengan baik.

Acara Kebaktian malam dimulai setelah santap malam. Dalam kebaktian ini renungan dibawakan Ny. AR Simarmata br. Purba. Firman Tuhan diambil dari Matius 13 : 36-43, perumpamaan tentang lalang di antara gandum. Dalam renungan ini ditekankan perlunya kita senantiasa merenungkan dan melakukan Firman Tuhan, tidak sekadar mendengar sehingga kita sebagai benih yang baik dapat bertumbuh dengan baik seturut dengan kehendak-Nya dalam menjalani tantangan hidup dan kita layak dihadapan-Nya. Seusai kebaktian, dilanjutkan dengan mandok hata per keluarga mengucapkan syukur atas berkat Tuhan selama 2013 dan harapan serta doa 2014. Acara mandok hata ditutup dengan tukar kado antar keluarga dengan cara diundi dan dalam kertas undian selain terdapat nomor kado, terdapat juga tulisan dengan cara apa harus mengambil kado itu yang tentunya gerakan/ suara yang mengundang gelak tawa. Kebersamaan masih berlanjut dengan lomba nyanyi antar keluarga.

Seperti sebuah ungkapan “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, maka minggu pagi 23 Februari 2014, anggota Punguan Simataraja Raja Simarmata Sektor Serpong mengawali hari dengan Senam Pagi Bersama. Gerakan senam yang dipandu Ny. L. Hutajulu br. Simarmata dan diiringi aneka musik yang dibawakan Markus Simarmata membuat semua peserta bersemangat menggerakkan badan sehingga tidak terasa waktu 45 menit berlalu dan keringat mulai mengucur. Setelah senam dilanjutkan dengan menyantap sarapan pagi nasi goreng telor disertai minuman kopi / teh membuat badan tetap segar walaupun suasana cuaca di puncak yang dingin dan berkabut.

Hari minggu adalah harinya Tuhan, demikian juga halnya keluarga punguan simarmata sektor serpong tidak melewatkan hari minggu tanpa melakukan ibadah. Dengan acara ibadah yang disiapkan sendiri oleh anggota punguan, maka Ibadah dimulai jam 10.WIB. Acara ibadah dipimpin oleh Markus Simarmata, salah satu Generasi Muda Simarmata dan Renungan dibawakan oleh Bapak D Simarmata (Op. Darrel), Penasehat Punguan Simarmata Sektor Serpong. Firman Tuhan diambil dari Ulangan 28 : 1-14. Dalam renungan ini, Bapak D. Simarmata menekankan pomparan simataraja untuk mendengarkan Firman Tuhan dan melakukannya supaya berkat Tuhan akan datang namun diingatkan juga bahwa melakukan Firman Tuhan tidak serta merta berkat Tuhan datang dengan cepat / instan, Berkat Tuhan itu dapat diterima dalam berbagai bentuk dan waktu yang tepat menurut Tuhan.

Suka cita rangkaian acara selama dua hari diakhiri dengan memberi kesempatan kepada anak-anak manortor bersama-sama diiringi musik keyboard. Orang tua ikut manortor sembari meletakan lembaran kertas bernilai di jari anak-anak dan diingatkan supaya yang didapat untuk ditabung bukan dihabiskan secara percuma. Selanjutnya peserta makan siang bersama sebelum kembali ke Serpong (Tangerang).

Satu hal yang membuat unik acara kebersamaan dan keakraban Punguan Simarmata Sektor Serpong ini adalah bahwa segala rangkaian acara disiapkan dan dipandu oleh anggota punguan itu sendiri tanpa mengundang pihak di luar anggota. Pemusik, penyanyi, pemandu game, pengkhotbah dilakukan sendiri anggota punguan. Punguan ini baru terbentuk pada tahun 2010 dan sampai saat ini anggota yang terdaftar 13 KK yang secara rutin melakukan partangiangan pada hari Sabtu pertama setiap bulan.

Saat ini kepengurusan Punguan Simataraja Raja Simarmata Sektor Serpong terdiri dari : D. Simarmata / br. Nababan (Op. Darrel) sebagai penasehat; P. Simarmata/ br. Sihaloho (A. Markus) sebagai Ketua ; HA.Simarmata / br. Manik (A. Yoseph) sebagai Wakil Ketua ; AR. Simarmata / br. Purba (A. Albertus) sebagai Sekretaris ; M.Sinaga / br. Simarmata (A. Salomo) sebagai Bendahara.

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.