6 Tips Meredakan Kecemasan tentang Virus Corona, Yuk Tenang!

6 Tips Meredakan Kecemasan tentang Virus Corona, Yuk Tenang!

Saat ini semua masyarakat di dunia tengah dirundung rasa khawatir dengan virus corona. Ini adalah hal yang wajar, karena tidak ada manusia yang ingin sakit. Namun, di tengah situasi saat ini kita harus bisa meredam rasa cemas kita dengan baik.

Jangan sampai rasa cemas kita yang berlebihan membuat segalanya menjadi lebih berantakan dan merugikan orang lain. Nah, agar kamu bisa meredam rasa cemasmu, berikut adalah 6 tips yang patut kamu lakukan.

  1. Mendengarkan dan membaca berita dari sumber yang terpercaya

Saat ini berita tentang virus corona memang menyebar dengan sangat cepat. Bahkan, karena banyak orang yang sangat khawatir dengan penyebaran virus ini, mereka jadi sulit untuk membedakan antara berita yang benar dan palsu. Tanpa disadari, berita yang kamu dengar bisa sangat berpengaruh terhadap tingkat kecemasanmu dalam menghadapi virus corona.

Oleh karena itu, kita dituntut untuk bisa memilih sumber berita yang memang sudah bisa dipercaya.

  1. Ikuti instruksi yang diberikan oleh pemerintah dengan baik

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam menghambat penyebaran virus corona. Nah, sebagai masyarakat sudah kewajiban kita untuk bisa mendukung upaya dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu caranya adalah mematuhi setiap kebijakan yang pemerintah tetapkan.

Ketika kita bisa bekerja sama dengan pemerintah, bukan hanya tingkat kecemasan saja yang menurun, tetapi tingkat penyebaran virus corona pun diharapkan bisa ikut menurun dan menghilang dari kehidupan sehari-hari.

  1. Usahakan untuk memasak dan mengonsumsi makanan yang bergizi

Agar tubuh kamu bisa kuat dalam memerangi penyebaran virus corona, ada baiknya untuk membiasakan diri memasak dan mengonsumsi makan makanan yang bergizi. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan memasak dan mengonsumsi makan makanan yang bergizi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Selain itu, memasak makananmu sendiri akan memperkecil waktu yang harus kamu habiskan di tempat umum. Tak heran, bila cara ini akan membuat kamu merasa lebih tenang.

  1. Meningkatkan kebersihan diri

Kamu tentu sudah tahu bahwa meningkatkan kebersihan diri adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan sampai lengah dengan kebersihan dirimu sendiri! Bawalah pencuci tangan ke mana pun kamu berada dan jangan lupa untuk membersihkan barang-barang yang sering kamu pegang atau bawa ke tempat umum. Memang sedikit lebih repot daripada biasanya, namun ini semua wajib kamu lakukan demi menghambat penyebaran virus corona.

  1. Tenangkan pikiranmu dengan melakukan hobi di dalam rumah

Tak ada salahnya untuk meredam rasa cemasmu dengan melakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan di dalam rumah. Kegiatan tersebut bisa dengan menghabiskan waktu untuk menonton film, melakukan olahraga di dalam rumah atau hanya sekadar mengobrol dengan teman melalui telepon seluler. Lakukanlah hal-hal yang bisa membuatmu merasa tenang dan nyaman selama berada di dalam rumah, ya!

  1. Jangan lupa untuk berdoa dan menyerahkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa

Cara yang paling ampuh dalam meredam rasa cemasmu adalah dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serahkan dirimu ke dalam lindungan-Nya. Percayalah, hatimu akan jauh merasa lebih tenang.

Tapi ingat ya, bukan berarti ketika sudah berdoa kamu tidak melakukan berbagai upaya yang sudah diperintahkan oleh para ahli. Patuhilah segala peraturan yang dibuat oleh para ahli dengan baik!

Rasa tenang adalah hal yang paling kita butuhkan untuk memerangi virus corona secara bersama-sama. Kepanikan yang berlebihan hanya akan membuat semuanya semakin ricuh. Jangan sampai karena kepanikan yang berlebihan kamu tidak bisa lagi berpikiran jernih. Mari kita tetap tenang dalam situasi ini, ya!

Sumber: Berita

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.