71beras
Janner Raja Simarmata

Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP tahun 2008-2012 dan 2012-2016, sekaligus pengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Binjai, SIMARMATA.or.id – Wakil Walikota Binjai H Timbas Tarigan, SE, menerima kunjungan Prof Tualar Simarmata, guru besar UNPAD Bandung  penemu teknologi IPAT-BO, di rumah dinas Walikota Binjai, di Jl.Veteran Kelurahan  Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Rabu (30/8) sore.

Teknologi IPAT-BO atau Inovasi Teknologi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik adalah teknologi yang diterapkan pada penanaman benih padi  unggul yang  menghasilkan beras Binjai cap Rambutan.

Menurut Tualar Simarmata, tujuan dari kunjungannya adalah dalam rangka ramah tamah sekaligus menyampaikan apresiasi kepada Walikota HM Idaham yang telah menjadikan beras Binjai  sebagai produk unggulan.

Tualar mengaku tidak menyangka kalau beras Binjai sangat booming, bahkan hingga keluar daerah. Dirinya baru  mengetahuinya setelah  bertemu dengan salah  satu Bupati yang  bercerita tentang Beras Binjai.

Tualar Simarmata memuji upaya Pemko Binjai untuk mewujudkan swasembada beras.

“Apa yang dilakukan oleh Pemko Binjai patut dicontoh daerah lain,” kata Tualar Simarmata  yang didampingi Ir M Syahrial Annas. MM, dan Nurhansyah Harahap S.Kom, M.Si dari Kemenristek Dikti.

Timbas Tarigan mengharapkan dengan kehadiran guru besar UNPAD dan rombongan, maka kedepannya sistem  pertanian di Kota Binjai akan semakin baik, dengan adanya varietas benih unggul, serta penerapan teknologi   yang unggul akan memperoleh hasil yang memuaskan.

Sehingga Binjai bisa menjadi  kota  yang mandiri di bidang pangan dan beras Binjai   tidak hanya dikenal di Binjai saja, namun di seluruh Indonesia.

Komentar Anda