simataraja
Janner Raja Simarmata

Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP tahun 2008-2012 dan 2012-2016, sekaligus pengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Deliserdang, SIMARMATA.or.id – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Deliserdang meresmikan Kantor BPN Unit Pelayanan Medan Eatate Jalan Selamat Ketaren, Medan Estate, Deliserdang. Peresmian dibarengi dengan acara buka puasa bersama, Senin (19/6).

Hadir Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Kakanwil BPN Sumut Bambang Priono, Kepala BPN Kabupaten Deliserdang Drs Hiskia Simarmata, dan ratusan undangan serta tokoh muda Simataraja diantaranya Saragitua Simarmata, Janner Raja Simarmata dan Bernard Manik.

Menurut Ashari, BPN merupakan lembaga Pemerintah yang mempunyai tugas dalam melaksanakan tugas kepemerintahan khususnya di bidang pertanahan, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.Dia juga menyebutkan bahwa permasalahan yang menyangkut pertanahan di Deli Serdang hendaknya dapat diurai dan ditemukan solusi atas permasalahan itu.

Bupati H Ashari Tambunan Deliserdang didampingi  Kepala Kantor ATR/BPN Deliserdang Drs Hiskia Simarmata MSi  dan Kakanwil BPN Sumut Bambang Priono
Bupati H Ashari Tambunan Deliserdang didampingi Kepala Kantor ATR/BPN Deliserdang Drs Hiskia Simarmata MSi dan Kakanwil BPN Sumut Bambang Priono

“Tentunya BPN Deli Serdang memiliki fungsi dan kedudukan yang sangat menentukan dalam mengatasi sengketa yang menyangkut persoalan pertanahan serta berharap kerjasama yang sudah terjalin dapat lebih ditingkatkan,” harap Bupati.

Kakanwil BPN Sumut Bambang Priono menambahkan, menurut statistik pelayanan kesadaran masyarakat Percut Seituan untuk menjaga tanahnya baik secara fisik maupun yuridis paling tinggi di seluruh wilayah Deli Serdang. Kesadaran itu dapat diindikasikan melalui tingginya jumlah tanah terdaftar di Percut Seituan.

“Di mana secara keseluruhan 60 % tanah yang terdaftar di Kecamatan Percut Seituan merupakan masyarakat yang memiliki kesadaran hukum yang sangat tinggi,” ucap Budi Priono.

Kepala BPN Kabupaten Deliserdang Drs Hiskia Simarmata, peresmian Kantor Unit Pelayanan Medan Estate untuk mempermudah atau mempercepat masyarakat yang hendak mengurus surat-surat tanahnya sehingga tidak harus datang ke Lubukpakam.

“BPN sengaja mendekatkan diri kepada masyarakat agar masyarakat bisa lebih cepat memohonkan haknya untuk mendapatkan dokumen tanahnya secara sah dan resmi serta tanpa dipungut bayaran,” sebut Hiskia.

Dijelaskan Simarmata, wilayah Kabupaten Deliserdang sangat luas dan berbatasan dengan Kota Medan, Binjai, Langkat hingga Tanahkaro sehingga pihaknya sangat perlu untuk lebih mendekatkan diri untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan prinsip jujur, hebat dan siap melayani dengan sepenuh hati.

“BPN sudah berbuat banyak dan gebrakan baru. Berkas masuk di loket pagi maka sore sudah keluar dan siap tanpa dipungut biaya,” tandas Hiskia lagi.

Komentar Anda