MANORTOR - Salah satu budaya Simalungun yakni tarian Toping-toping Hoda-hoda ikut menyemarakkan pembukaan Pesta Danau Toba tahun lalu di Open Stage Parapat tahun lalu. Sementara pengurus Partuha Maujana, tahun ini mengusulkan pesta budaya kembali dilakukan di Danau Toba. | Metrosiantar.com
Janner Raja Simarmata

Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP tahun 2008-2012 dan 2012-2016, sekaligus pengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Jakarta, SIMARMATA.or.id – Kepada semua pomparan ni Ompu Simataraja nanihaholonganni roha dimanapun berada, berikut adalah informasi perjalanan tentang RAKERNAS I di Batam pada tgl 5-6 Nopember 2016 yang lalu.

Sebagian besar peserta RAKERNAS I sudah hadir pada tanggal 4 Nopember 2016, dimana kehadiran peserta disambut dengan baik dan ramah penuh kerinduan oleh panitia lokal di Bandara dan juga dengan poster besar yang bertuliskan SELAMAT DATANG PESERTA RAKERNAS I, PUNGUAN POMPARAN OMPU SIMATARA RAJA SIMARMATA DOHOT BORU SE-INDONESIA, dan check in di hotel Central City dilanjutkan dengan diadakannya pertemuan keakraban dan makan malam bersama di restoran Golden Prawn.

Selain makan malam bersama Panitia Nasional Ir. Tumpal Simarmata, Panitia lokal Mhd Banjir Simarmata dan Sekjen Ir. Razat Simarmata diberi waktu untuk menyampaikan penjelasan persiapan RAKERNAS I dan target-target yang akan dicapai pada saat RAKERNAS I.

Pertemuan dan jamuan yang luar biasa, tidak lupa juga beberapa Natua tua/penasehat diberi waktu untuk memberi kata sambutan dan semangat kebersamaan dalam RAKERNAS I.

Ada catatan penting dalam kata sambutan panitia :

  1. Persiapan sangat singkat (3minggu) tetapi karena kerjasama yang baik dan tulus antara sesama panitia lokal dan panitia nasional, maka hampir tidak ada kendala yang dihadapi.
  2. Pemilihan panitia untuk mempersiapkan RAKERNAS I ini termasuk sangat sangat kompromistis karena hanya melalui telepon dan semua bersedia.
  3. Karena punguan berdasarkan PARMUDARON dan niat tulus membangun marga simarmata maka semua kendala yang ada bisa teratasi dengan baik. Acara ini selesai pada pukul 23.00 WIB

Pada tanggal 5, setelah sarapan pagi, perserta RAKERNAS I menuju Nagoya hotel untuk bergabung dengan peserta dari Batam (Simarmata dohot boruna dan naposo) dalam acara pembukaan.

Acara pembukaan ini dilaksanakan pada pukul 10.00 s/d 12.00 wib, yang dihadiri oleh 50 orang anggota DPP dan hampir 150 orang undangan yang ada di BATAM.

Rangkaian acara pembukaan adalah: Selain menyanyikan lagu Indonesia Raya, juga berkumandang LAGU MARS SIMATARAJA. Dan setelah pelantikan DPP oleh wakil Penasehat yang didampingi semua Penasehat yang hadir, RAKERNAS I dibuka oleh ketua DPRD Kepri, Bapak Jumaga Nadeak, SH. Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan makan bersama.

Pada pukul 13.30 Rapat dimulai dan langsung dipimpin Ketum, Sekjen dan wakil-wakilnya. Setelah melakukan pendataan kehadiran peserta rakernas maka semua perwakilan DPW (Wilayah) didaulat untuk memberi sekilas informasi situasi Punguan di daerah masing-masing, sehingga DPP bisa mengetahui bagaimana sesungguhnya situasi Punguan marga Simarmata di wilayah masing-masing, dan sangat membanggakan bahwa ada 14 wilayah atau yang mewakili yang bisa hadir dan memberi keterangan yaitu : DKI, Bandung, Surabaya, Medan, Siantar/Simalungun, Samosir, Padang, Pekanbaru, Palembang/Sumatera Selatan, Batam, Kalsel, Kaltim, dan Banten. Hampir semua yang mewakili Wialayah memberi masukan agar ke depannya perlu kekompakan DPP dan koordinasi yang intens dengan DPW. Maka diperlukan sosialisasi pengurus.

Rapat dilanjut dengan pembagian komisi yg dipimpin oleh penitia steering committee (SC). Untuk memperoleh hasil yang optimal maka dibagi menjadi 3 komisi yaitu Komisi A; komisi AD/ART atau organisasi, Komisi B; yaitu komisi Program, dan Komisi C ; yaitu komisi pokok pokok pikiran.

Rapat pleno komisi-komisi dimulai pukul 15.30 sampai 18.30. Makan malam bersama pada pukul 18.30 s/d pukul 20.00 Wib. Karena rapat ini harus mencapai target maka waktu rapat dioptimalkan dan dimulai lagi rapat paripurna pukul 20.00 WIB. Rapat paripurna ini sangat dinamis, akrab, banyak masukan, banyak tawa, setiap komisi memberikan presentasi hasil rapat pleno dengan isi program sangat bisa terukur dan dilaksanakan, dan selesai pada tanggal 6 pukul 02.00 WIB dinihari yang ditutup penasehat.

Walaupun penutupan sudah dinihari, namun peserta rapat tetap semangat untuk diadakan foto bersama setelah penutupan.

Mengenai hasil RAKERNAS I ini akan di posting pada lain waktu, sehingga semua pomparan Ompu Simataraja bisa ikut berpartisipasi untuk mewujudkan program-program tersebut. Karena ketum menggaris bawahi : dang au, dang hamu alai hita, …. hita do nattuari, hita do saonari hita do haduan.

Ketum selalu mengajak semua pomparan ni Ompu Simataraja untuk ikut berperan aktif untuk membangun Punguan kita ini ke yang lebih baik.

Sebagai penutup, kami mohon maaf jika ada yang salah kalimat, salah ketik atau kurang berkenaan kepada semua pomparanni Ompui.

Horas……… Horas……… Horas……

Jakarta 11-11-2016
A/N DPP;
Sekjen : RAZAT SIMARMATA (Am. Tumbur)

Komentar Anda