Bolahan Amak Turpuk Loho Raja
Janner Raja Simarmata

Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP tahun 2008-2012 dan 2012-2016, sekaligus pengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Medan, SIMARMATA.or.id- Pomparan Raja Silahisabungan akan menggelar pesta adat dan budaya luhutan bolon 2016 dengan bolahan amak (tuan rumah) Turpuk Loho Raja. Pesta luhutan bolon ini akan dipusatkan di halaman Tugu Raja Silahisabungan di Silalahi Nabolak Dairi mulai hari Jumat (25 November) hingga Minggu (27 November).

Panitia pesta St Simon Sihaloho didampingi Sekretaris Daniel Pantun Sihaloho, SH dalam penjelasannya mengatakan, pesta ini dilaksanakan sebagai wujud ucapan syukur kepada Tuhan atas berkatNya kepada seluruh keturunan Raja Silahisabungan. Sekaligus juga sebagai simbol persatuan dan melestarikan nasehat yang diwariskan Raja Silahisabungan kepada keturunannya dalam bentuk poda”Sagu-sagu Marlangan”.

Selain itu, juga sebagai wadah saling menghormati dan mengasihi di antara sesama keturunan Raja Silahisabungan dengan hula hula dan boru sebagai falsafah Dalihan Natolu. Juga sekaligus ajang berkomunikasi dan berinteraksi serta cinta dan peduli bona pasogit Silalahi Nabolak, apalagi pemerintah telah memprogramkan otorita danau toba yang harus didukung.

Sebelum acara puncak, panitia juga sudah memulai kegiatan, Rabu (23/11) mulai pukul 08.00 WIB berupa lari marathon putra/putri 8 km serta final bola volley putra/putri SMK dan SMA. Kemudian dilanjutkan dengan acara maranggir/martapian ke Lassa bunga dan wisata situs (jiarah) pada hari Kamis (24/11) dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pemenang perlombaan serta hiburan. Pada hari Jumat mulai pukul 07.00 WIB manguras horbo hahomion serta memulai gondang dan menyambut tamu (manortor). Demikian halnya hari Sabtu juga dilanjutkan dengan menyambut tamu dan manortor. Malam harinya (Sabtu malam) digelar hiburan rondang bintang serta budaya Silahisabungan si ualu turpuk.

Puncak acara akan digelar, Minggu (27/11) diawali kebaktian bersama dilanjutkan dengan kata-kata sambutan serta menyambut kedatangan hula-hula Padang Batang Hari, Tulang Padang Batang Hari dan hula-hula Nai Rasaon. Kemudian dilanjutkan dengan manortor dan diakhiri dengan penyerahan bolahan amak 2017 kepada Situngkir Raja.

Menurut panitia, undangan telah disampaikan kepada pomparan Raja Silahisabungan yang tersebar di bona pasogit maupun di perantauan. Namun ditegaskan bahwa pemberitaan ini juga sekaligus merupakan pemberitahuan resmi dan undangan bagi keturunan Raja Silahisabungan mulai dari Loho Raja sampai Tambun Raja. Karena acara ini adalah wujud persatuan dan kebersamaan semua keturunan Raja Silahisabungan, maka diharapkan semua dapa mensukseskannya dan menghadirinya. Semoga Tuhan memberkati semua keturunan Raja Silahisabungan dimana pun berada. Demikian panitia melalui undangan tertulis yang disampaikan Elddin Sihaloho dari Medan kepada SIB.

Susunan panitia terdiri dari Pembina Bupati Dairi, Kadis Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Camat Silahisabungan dan Kepala Desa Silalahi Nabolak. Penasehat berjumlah 36 orang dari berbagai daerah. Ketua Umum St Simon Sihaloho dibantu 13 ketua-ketua. Sekretaris Umum Daniel Pantun Sihaloho SH dibantu 5 sekretaris-sekretaris. Bendahara Umum Raja Liberty Sihaloho, Bendahara I Elddin Sihaloho SE (Medan) dan 5 bendahara lainnya. Panitia inti ini dibantu oleh seksi-seksi sesuai bidang tugasnya. Turut manolopi Irjen Pol (Purn) Drs Edison S Sihaloho selaku Ketua Punguan Silahisabungan Sedunia. (sib)

Komentar Anda