poster-simarmata
Janner Raja Simarmata

Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP tahun 2008-2012 dan 2012-2016, sekaligus pengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Batam, SIMARMATA.or.id Pelaksanaan Rakernas ke-I Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia yang dilaksanakan di Nagoya Plaza Hotel Batam pada tanggal 5-6 November 2016 telah selesai dengan sukses.

Komisi C dipimpin Ir. Erickson Simarmata dan sekretaris St.Ir Poster Simarmata yang berjumlahkan 12 orang. Hasil dari rapat komisi C ini telah disajikan St.Ir Poster Simarmata yang mana nantinya menjadi pokok-pokok pikiran Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata.

Berikut adalah Risalah Rapat Komisi C: Pokok Pikiran:

  1. Punguan Simataraja Raja Simarmata perlu sudah di aktekan/didaftarkan sebagai lembaga sosial masyarakat yang bisa mendukung pemerintahan yaitu  di kementerian hukum dan HAM dinas sosial (depsos) depertemen dalam negeri.
  2. Forgemsi adalah wadah perkumpulan generasi muda Simarmata sehingga punguan punguan naposo bulung Simarmata di masing masing Simarmata otomaris menjadi anggota atau pun pengurus di Forgemsi.
  3. Forgemsi adalah sebagai lembaga untuk kaderisasi pemuda pemuda Simarmata dengan usia maksimum 40 tahun adapun tugas antara lain adalah: untuk kaderisasi bidang adat budaya, seni dan lain lain.bagaimana kita mengedukasi untuk adanya ekonomi kreatif dalam hal untuk mencintai budaya batak. untuk itu di usulkan agar dimasukan kedalam program kerja di DPP.
  4. Danau toba segera menjadi destinasi wisata dunia dalam waktu dekat, untuk itu di usulkan agar ada di tunjuk satu atau dua orang sebagai tour guide (Panuturi) yang mampu menjelaskan Situs-situs Tugu Simataraja Raja Simarmata, prasarananya untuk segera di pikirkan supaya ada daya tariknya (harga jual).
  5. Diminta setiap marga Simarmata untuk memberikan sumbangan minimum seribu rupiah per bulan untuk membantu pinompar Simataraja Raja Simarmata yang dapat peringkat baik (pintar, prestasi) dan tidak mampu untuk melanjutkan pendidikannya dan perlu dipikirkan kriterianya, seperti apa. mungkin perlu kita link dengan Diaspora.
  6. Perlu Simataraja Raja Simarmata ini untuk memikirkan pembinaan pemanduan bakat dan prestasi misal dalam bidang nyanyi, menulis, dll.
  7. Gerakan Cinta Danau Toba (GCDT) untuk itu perlu edukasi kepada pomparan ni Simataraja Raja Simarmata di kampung, jangan sekali kali menjual tanahnya kepada investor, kalau kontrak bagi hasil boleh. kita harus perlu belajar seperti refrensinya BALI
  8. Soko guru perekonomian masyarakat (koperasi) perlu di bentuk di masing masing DPD bidang usahanya misalnya sala satu menyediakan sedotan air (pompa air) untuk pertanian.
  9. Struktur organisasi DPD tingkat I, II, III mungkin sampai tingkat kecamatan.
  10. Hak dan kewajiban di tonga tonga ni punguan on harus jelas, antara DPP ke DPD, DPC misalnya ; molo adong na berduka atau ulaon las ni roha sebaiknya ada apresiasi sian punguan on (dari DPP misalnya: ucapan berduka ataupun suka cita via WA, LINE, SMS)
Komentar Anda