Desa Simarmata Rawan Maling, Kades Aktifkan Poskamling

Desa Simarmata Rawan Maling, Kades Aktifkan Poskamling

Simanindo, SIMARMATA.or.id-Mengingat rawannya akhir-akhir ini aksi kejahatan di Desa Simarmata, Kecamatan Simanindo, Samosir, Kepala Desa (Kades) Simarmata aktifkan operasional Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) di setiap dusun.

“Desa kami akhir-akhir ini sangat rawan terhadap aksi kriminal dan kejahatan. Seperti kasus kemarin, aksi Pembobolan rumah dan maling kerbau. Sehingga kami rapatkan bersama dengan Masyarakat untuk mengaktifkan Poskamling disetiap Dusun, “tutur Kepdes Simarmata, Ama Kevin Sinaga (53) kepada wartawan pada Sabtu (29/10).

Sinaga juga mengatakan, melalui rapat dan kesepakatan, masyarakat suka rela memberikan biaya operasional penjagaan Poskamling Rp 10.000 per bulannya,

Poskamling sebanyak lima buah. Dusun I dua posko, Dusun II dua posko dan Dusun III 1 posko. Setiap posko dijaga sebanyak tujuh orang dan mulai pukul 23.00 Wib sampai dengan pukul 05.00 Wib.

“Biaya operasional mereka dari sukarela tadi, istilahnya untuk uang puding selama menjaga pos demi kepentingan bersama, tidak dipatok, berapa semampunya lah,” jelasnya.

Dia berharap dengan adanya Poskamling ini warga tidak resah dengan maraknya keberadaan aksi kejahatan.

Diketahui, dua pekan terakhir Desa Simarmata dimasuki maling dengan mengemudi mobil Eltor hendak mencuri kerbau dengan trik pura-pura mencari kerbau yang hilang.

Tetapi aksi maling tersebut gagal karena diketahui pemilik kerbau bermarga Simarmata.

Sebelumnya juga, warga Desa Simarmata amankan dua orang pelaku yang hendak melakukan aksi pembobolan rumah warga. (Sg23)

 

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.