aek-natonang
Janner Raja Simarmata

Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP tahun 2008-2012 dan 2012-2016, sekaligus pengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Samosir, SIMARMATA.or.id – Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Sumatera Utara. Kalau Pulau Samosir dikatakan sebagai “pulau di atas pulau”, Danau Aek Natonang yang berada di Pulau Samosir ini bisa dikatakan sebagai “danau di atas danau” (di atas Danau Toba).

Aksesibilitas ke danau seluas 105 hektare ini juga kurang baik. Ditambah minimnya sarana prasarana pendukung, membuat Danau Aek Natonang tidak mendapat kunjungan wisatawan dan direncanakan sebagai areal Hutan Wisata.

Danau Aek Natonang bukan satu-satunya danau di Pulau Samosir, ada sebuah danau lagi yang lebih besar dari Danau Aek Natonang di pulau ini yang bernama Danau Sidihoni.

Danau Aek Natonang ini keberadaannya dikatakan cukup menarik perhatian wisatawan sebab berada di atas pulau ditengah danau, Pulau Samosir. Danau ini sebenarnya telah lama menjadi destinasi pariwisata yang berada di sekitar Danau Toba, bahkan panorama yang terdapat di sekitarnya pun sangat indah. Danau Aek Natonang ini terletak di Desa Tanjungan, yang merupakan salah satu desa yang terletak di dataran tinggi Pulau Samosir. Sehingga apabila Anda berada di sekitar objek wisata ini maka udara yang dingin dan sejuk khas pegunungan akan sangat terasa.

Ketika pertama kalinya Anda memasuki objek wisata yang satu ini, suasana alami dan begitu tenang akan segera menyambut Anda. Air di Danau Aek Natonang tampak begitu jernih di tengah rerumputan hijau yang menghiasi di sekelilingnya. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat panorama jejeran perbukitan yang membentang dengan indahnya, beberapa pohon pinus pun tampak menghiasi perbukitan tersebut.

Komentar Anda