Mendukung Pariwisata, Budaya Simalungun Akan Diperkenalkan Di Samosir
MANORTOR - Salah satu budaya Simalungun yakni tarian Toping-toping Hoda-hoda ikut menyemarakkan pembukaan Pesta Danau Toba tahun lalu di Open Stage Parapat tahun lalu. Sementara pengurus Partuha Maujana, tahun ini mengusulkan pesta budaya kembali dilakukan di Danau Toba. | Metrosiantar.com

Mendukung Pariwisata, Budaya Simalungun Akan Diperkenalkan Di Samosir

Medan, SIMARMATA.or.id – Ingin kembangkan potensi budaya dan tradisi, para pelaku seni dan penyanyi Simalungun akan menggelar Senandung Simalungun di Samosir dalam acara bertajuk ‘Senandung Simalungun di Samosir’.

Maruli Damanik, inisiator acara yang bertujuan mengenalkan budaya Simalungun ini di Samosir, menjelaskan seni budaya dan pariwisata memiliki peranan yang sangat penting di dalam memperkenalkan satu daerah.

“Kita mau menciptakan ruang, mudah-mudahan hal kecil ini memiliki efek besar, dan banyak orang akan melihat Simalungun. Ini akan melepaskan kerinduan masyarakat terhadap seni Simalungun,” sebut Maruli Damanik di kediamannya Kompleks Debang Jalan Flamboyan Medan, Selasa (11/10/2016).

Acara akan berlangsung di Rogate Beach Ambarita pada Sabtu 22 Oktober mendatang. Maruli menyebutkan bagi para politisi maupun pejabat daerah yang hadir tak akan diberikan perlakuan istimewa.

Acara Senandung Simalungun di Pulau Samosir akan memberikan manfaat efektif kemajuan kepariwisataan kepada ke dua kabupaten, yakni Samosir dan Simalungun. Bagi Pemkab Samosir, event tersebut dapat menarik minat pengunjung dan wisatawan, khususnya yang bermarga Simalungun, serta  pecinta lagu-lagu Simalungun.

“Kegiatan serupa secara otomatis meningkatkan kepariwisataan pada kedua kabupaten secara khusus, serta kabupaten sekitar Danau Toba,” kata Maruli Damanik.

“Artis Simalungun akan ikut menyumbangkan suaranya. Selain itu akan ada fashion show dengan memamerkan Gotong dan Bulang Simalungun. Apa makna dan bagaimana pemakaiannya,” jelas Maruli.

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.