Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata Perhatian Sama Penulis

Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata Perhatian Sama Penulis

Pangururan, SIMARMATA.or.id – Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata nampaknya memberikan perhatian kepada warga Samosir yang punya bakat menulis. Sebagai ajang penyaluran bakat, Risma menggelar Lomba Karya tulis dengan memperebutkan Piala Ketua DPRD Samosir dan Kadin Samosir.

Rinaldi Naibaho Ketua Panitia bersama Sekretaris, Franzul M Sianturi kepada wartawan mengatakan pendaftaran akan di tutup 25 Oktober mendatang.

“Sampai sekarang sudah ada 70 peserta yang sudah mengirimkan naskah lombanya. Rencana akan diumumkan 30 Oktober mendatang,” terang Rinaldi Jumat (21/10/16).

Lomba menulis ini dibagi dalam kelas tingkat SD, SMP, SMA dan Guru se Kabupaten Samosir. Bagi juara nantinya hadiah akan diserahkan langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Rismawati Simarmata.

Thema lomba yaitu Mewujudkan Pariwisata Samosir Berbasis Industri dan Perdagangan dengan sub thema, Pendidikan, Lingkungan Kesehatan, Sosial Ekonomi, Budaya dan Objek Pariwisata.

Pesertanya merupakan pelajar di Kabupaten Samosir,  dibuktikan dengan kartu pelajar dan untuk guru dibuktikan dengan kartu bukti pengajar. Para peserta hanya bisa mengirimkan maksimal satu karya tulis ke alamat email yakni, lombakaryatulis2016@gmail.com.

“Kita libatkan PWI Sumut dan Asosiasi Jurnalis dari Kota Medan sebagai juri, sehingga semua penilaian akan terukur dan tidak ada intervensi dari pihak manapun,” kata Rinaldi.

Karya tulis harus asli bukan jiplakan, menggunakan bahasa Indonesia ragam jurnalistik, belum pernah dipublikasi di media manapun, merupakan ide dan gagasan penulis yang dapat direalisasikan secara praktis, dan ditulis dalam dua halaman folio (3.000 kata) bagi guru, serta satu halaman folio (1500 kata) untuk siswa atau pelajar.

Naskah jurnalistik ditulis dalam tiga jenis yaitu berita (news), karangan khas (feature), dan karya ilmiah. Berita (news) harus memenuhi unsur 5W+1H, piramida terbalik, dan standar kelayakan berita dan jika karya tulis tidak sesuai ketentuan-ketetuan di atas, panitia berhak menggugurkan peserta lomba.

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.