Thomas Hamonangan Simarmata, RSU Bidadari Binjai, Baru Pertama Kali Lakukan Operasi Penyakit Jantung
Pelaksanaan operasi

Thomas Hamonangan Simarmata, RSU Bidadari Binjai, Baru Pertama Kali Lakukan Operasi Penyakit Jantung

Binjai, SIMARMATA.or.id – -Rumah Sakit Umum Bidadari, yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 174, Kebun Lada, Binjai utara, kembali melakukan terobosan baru di Binjai, Langkat dan Aceh.

Para pasien yang mengalami penyakit jantung, tidak perlu lagi berobat ke Kota Medan ataupun ke luar negeri, terhitung mulai Jumat (09/09/2016). Pasalnya, RS Bidadari Binjai sudah bisa melayani dan melakukan operasi penyakit jantung di Rumah Sakit Bidadari.

Direktur utama Rumah Sakit Bidadari Binjai H Firmansyah, mengatakan, alat kateterisasi jantung sebenarnya sudah ada di Rumah Sakit Bidadari Binjai sejak awal 2016, namun baru bisa dipergunakan sekarang ini, karena Perizinannya baru selesai.

“Selama ini pasien yang menderita penyakit jantung selalu berobat ke Medan atau bahkan ke luar negeri, kita prihatin dengan keadaan pasien yang selama ini menderita jantung, sehingga kita menyediakan alat ini, agar pasien jangan jauh-jauh ke Kota Medan,” ungkap H Firmansyah, Rabu (14/9/2016).

“Pasien penderita jantung, yang selama ini berobat di Rumah Sakit Bidadari, dari tahun ke tahun mengalami kenaikan hingga 30 persen. Hal itu juga yang membuat Rumah Sakit Bidadari tersentuh untuk meringankan beban pasien, mereka tidak perlu lagi berobat ke luar kota, di sini (RS Bidadari) sudah bisa melakukan operasi pemasangan ring jantung,” tambahnya.

Dengan Dokter yang berpengalaman di bidangnya, Soft opening atau kateterisasi jantung, baru ada pertama kalinya di daerah Binjai dan Langkat.

“Dengan adanya alat ini di Rumah Sakit Bidadari Binjai, peluang untuk sembuh bagi pasien yang ada di Binjai dan Langkat, akan lebih besar,” beber Firmansyah.

Ditempat yang sama, Dr Esti Aditya Dewi, yang menjabat sebagai Direktur RS Bidadari mengatakan, alat untuk melakukan operasi jantung yang ada di RS Bidadari merupakan alat yang sama di Penang Malaysia.

“Alat operasi kita sama dengan alat yang ada Penang Malaysia, namun kita belum menerima pasien BPJS untuk operasi ini, begitupun kita berharap agar BPJS Binjai, segera bisa mengabulkan pasien kami untuk berobat dan melakukan operasi dengan menggunakan kartu BPJS, karena pasien kami untuk penyakit lainnya sudah bisa mempergunakan kartu BPJS di rumah sakit ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kota Binjai, Thomas Hamonangan Simarmata, mengatakan, akan segera mengajukan dan segera merekomendasikan hal ini segera kita pimpinan daerah (Medan).

“Kita akan segera bicarakan ini ke kepala BPJS Medan, karena keputusan itu berada di Medan, namun kami dari BPJS Binjai, akan berusaha semaksimal mungkin untuk penderita pasien jantung agar bisa berobat disini menggunakan kartu BPJS, dan hal ini masih kita godok,” katanya.

Pantauan di RS Bidadari Binjai, pasien pertama yang melaksanakan operasi tersebut, dipimpin langsung oleh dokter yang cukup pengalaman di bidangnya, yaitu dr Zainal Safri SPpd SPjp. (beritasumut.com)

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.