Pendeta Tertua Aktif Anggiat Hutauruk Lantik Ephorus HKBP Periode 2016-2020
Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dilantik oleh Pdt tertua Anggiat Purba di Pearaja Pusat Tarutung. Minggu (18/9/2016).

Pendeta Tertua Aktif Anggiat Hutauruk Lantik Ephorus HKBP Periode 2016-2020

Tapanuli Utara, SIMARMATA.or.id – Pendeta tertua yang masih aktif dalam pelayanan sebagai pendeta Resort HKBP di Parapat dan sudah bermur 64 Pdt. Anggiat Hutauruk STh resmi melantik Ompui Ephorus HKBP yang baru terpilih dalam sinode Godang HKBP ke- 63 Pdt.Dr.Darwin Lumbantobing minggu (18/9/2016) , pelantikan 5 pucuk pimpinan dan 30 Praeses dilaksanakan Gereja HKBP Pearaja Tarutung.

Pelantikan Pimpinan HKBP empat tahun mendatang dihadiri Ribuan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) se – Indonesia sekaligus menyaksikan pelantikan Ephorus HKBP yang baru Pdt Dr.Darwin Lumbantobing sebagai Pimpinan atau biasa disebut Ephorus HKBP, Pelantikan berjalan dengan khidmat dan dikawal ketat aparat keamanan

Dalam upacara pelantikan Ephorus dan fungsionaris HKBP, dihadiri seperti mantan Ephorus Emeritus Pdt. DR. S.A.E. Nababan, Mantan Ephorus Willem TP Simarmata dan mantan Sekjen Pdt Mori Sihombing para anak rantau Bonapasogit, Effendi Simbolon Pendeta dan utusan-utusan gereja resort HKBP.

Terlihat juga Bupati Taput Nikson Nababan, Wakil Bupati Taput Mauliate Simorangkir, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Pdt Darwin Lumbantobing memimpin khotbah minggu dari Amos 8:4-7 menyampaikan, singa telah mengaum karena pelaku para kejahatan, bila Tuhan mengaum jelas manusia akan takut.

” Bila orang berdosa dihukum Tuhan sah-sah saja, akan tetapi ditengah bangsa Tuhan mengampuni orang berdosa. Karena orang Israel berdosa maka diusir ke tanah Mesir. Sebenarnya banyak yang diperbuat Tuhan kepada bangsa. Amos mengatakan carilah Tuhan untuk memperbuat yang baik seperti sungai mengalir.

Keadilan, kejujuran jangan dihempang serta jangan ditutupi, terimakasih kita sampaikan kepada Yesus sebagai Raja Kristen kepada umatnya,”tutur Ephorus Darwin Lumbantobing dalam khotbahnya di Pearaja Tarutung Pusat.

Ephorus juga dalam kotbahnya menyampaikan “‘HKBP adalah HKBP, yang artinnya HKBP merupakan lembaga keumatan terbesar di asia, HKBP tidak bisa dimakanai dalam hal politik, dan HKBP juga tidak bisa di campuri oleh pemerintah, dan Bupati, karena pelaksanaan sinode godang merupakan memilih pimpinan dan dibimbing roh kuasa Tuhan. Sebut Ephorus

Tuhan telah bersumpah yang Menginjak-injak harga diri karena kita bukan siapa-siapa semua itu adalah jemaat kita. Sebab Tuhan tidak suka melihat orang jahat.

” Kembalilah kejalan yang benar melihat situasi sekarang. Yang terjadi sudahlah dan jangan terulang kembali. Karena kita orang berdosa. Maka saudaraku jemaat di seluruh dunia. “Pulanglah marilah kita membangun HKBP Kembali” kalau tidak bisa mengasihi saudaramu bantulah melalui kasih. Bersatu kita melalui kasih Tuhan yang menyayangi umatnya, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, ” kata Darwin mengakhiri khotbah kepada jemaat ruas HKBP sambil menutup doa khotbah.

Selanjutnya Ephorus HKBP yang baru Pdt Darwin Lumbantobing melantik unsur pimpinan HKBP periode 2016-2020, yaitu : Pdt David sibuea sebagai Sekretaris Jendral HKBP. 3 kepala Departemen, Koinonia dan 30 Distrik Praeses. (radaronline)

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.