Tuan Silumbak Tuan Sorbaradja Saragih Simarmata dari Kerajaan Purba
Foto Tuan Silumbak Tuan Sorbaradja Saragih Simarmata dari Kerajaan Purba

Tuan Silumbak Tuan Sorbaradja Saragih Simarmata dari Kerajaan Purba

Tuan Silumbak adalah seorang Guru Huta (Datu) yang terkenal di saentero Simalungun sejak tahun 1920-an. Pada tahun 1950-an, Tuan Silumbak yang sudah adu tanding dengan datu-datu Simalungun di seluruh Simalungun sampai ke Serdang merasa batinnya “chaos”.

Dalam diskusinya dengan Guru Indjil Jenus Purbasiboro (yang kemudian menjadi pendeta dan ephorus GKPS pertama) di Haranggaol, Tuan Silumbak menemukan “eureka” atas Naibata Sitolusada yang lazim disebutkan dalam setiap tabas/mantera kuno.

Setelah bergumul lama dengan konsep trinitas dalam kekristenan dan penjelasan yang diberikan Guru Injil Jenus Purbasiboro.

Tahun 1950 Guru Bolon (Dukun Besar) Tuan Sorbaradja gelar Tuan Silumbak dibaptis menjadi Kristen. Setelah beliau beralih menjadi Kristen, maka seluruh Simalungun dan Serdang dijelajahinya untuk mengabarkan Iniil kepada datu-datu yang diajaknya bertanding adu kekuatan.

Dengan mengandalkan kuasa Tuhan Yesus yang diyakininya betul, tidak ada satupun datu yang mampu mengalahkannya. Sebaliknya para datu itu insyaf dan mengikuti jejak Tuan Sorbaradja Saragih memeluk agama Kristen.

Demikianlah sejak tahun 1950-1970-an, kekristenan bertumbuh di daerah Serdang sampai ke Simalungun Atas dan Jahei-jahei (Raya Kahean dan Silou Kahean), sejak itu komunitas Kristen suku Simalungun bekas penganut agama suku di daerah mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Cucu Tuan Sorbaradja yang menjadi pendeta adalah Pdt. Daniel Saragih mantan Praeses Distrik VII. Pada saat upacara peresmian Museum Simalungun (1939) di Pematangsiantar beliau bertugas sebagai datu yang “manabari” (ritual mengusir roh-roh jahat) dan banyak penjelasan beliau tentang hadatuon Simalungun yang dicatat para batakolog Eropa.

Sezaman dengan beliau adalah Guru Raya Iberahim (Borahim) Purba Sidasuha. Berbeda dengan Tuan Sorbaradja yang memeluk agama Kristen, keturunan Tuan Bajalinggei ini memilih Islam sebagai keyakinannya. Saudaranya yang lain memilih agama Kristen.
Oleh: Juandaha Raya Purba
Sumber: Simalungun Online

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.