Balai Desa dan Balai Pengobatan di Lokasi Tugu Ompu Simataraja
Janner Raja Simarmata

Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP tahun 2008-2012 dan 2012-2016, sekaligus pengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Medan, SIMARMATA.or.id – Setelah Pengurus Pusat mengadakan rapat dengan mengundang Pengurus Panitia Pelaksana Bonapasogit, Pengurus Daerah Samosir dan Pengetua-pengetua di rumah Ap. Ruspal Simarmata dengan acara memperkenalkan panitia P4Tugu yang sudah ditetapkan dalam Rapat Lengkap di Medan.

Kemudian menyampaikan informasi, siapa yang dapat memberikan tanah untuk tempat perpindahan Balai Desa dan Balai Pengobatan yang ada di lokasi Tugu.

Di dalam rapat diputuskan agar Kepala Desa, Gasal Simarmata mencari dan melihat tanah yang cocok tempat pemindahan tersebut dan menghubungi yang punya tanah tersebut, dengan membuat surat dan menghubungi Oskar Simarmata, SH di Medan, akhirnya keluarga dengan tulus ikhlas dari hati mau menyediakan tanah perpindahan Balai Desa dan Balai Pengobatan demi untuk keindahan tugu Ompu kita.

Pembersihan Lokasi Tugu diadakan dengan memindahkan BALAI DESA dan BALAI PENGOBATAN ketempat tanah yang telah diberikan oleh Oskar Simarmata SH, setelah dipindahkan nampaklah dipandang mata dengan bebas dari jalan ke Tugu Ompu Simataraja Simarmata, seperti yang terlihat sekarang ini.

Setelah rampung Program kerja P4Tugu ditentukanlah untuk memulai pekerjaan dan terlebih dahulu diadakan partangiangan mohon doa restu dari Tuhan dan Sahala Ompu Simataraja.

Dan diadakanlah tanggal 3 Januari 1990 di lokasi Tugu di Toguan Bonapasogit dengan makan bersama oleh utusan yang diundang Ketua Pelaksana secara lisan.

Di dalam pertemuan itu Ketua Pelaksana Raja Mula Simarmata dalam kata sambutan mengatakan dan mengumumkan bahwa P4Tugu akan memulai pekerjaan dengan membuat Simbol di atas Tugu yaitu “TATUAN” dan Patung Ompu Baoa dan Ompu Boru di jabu Bona.

Dan diminta kita menyetujuinya supaya segera dikerjakan dan hampir semua di dalam pertemuan itu setuju asalkan segera dimulai, tetapi hanya beberapa orang yang menyatakan agar usul baru ini dibawakan dahulu dalam Rapat Pengurus dan Panitia untuk diputuskan untuk karena didalam program kerja sudah ditetapkan Simbol Patung Ompu. (js)
credit photo: dr. Monang Simarmata

Komentar Anda