WhatsApp-Image-20160725
Janner Raja Simarmata

Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP tahun 2008-2012 dan 2012-2016, sekaligus pengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.

Bandung, SIMARMATA.or.id – Pertemuan Ketua Naposo Bulung Se Bandung Raya dan Ketua Forum Generasi Muda Simataraja Se Indonesia adakan diskusi bersama Pengurus DPD Bandung Ir. Tumpal Simarmata didampangi Hisar Simarmata Ketua Punguan Simataraja Bandung Timur, kemarin (24/7/16) di Jalan Sunda Bandung.

Dalam diskusi tersebut, “Tumpal Simarmata menegaskan bahwa Naposo Bulung Simarmata merupakan persatuan remaja putra-putri Simarmata yang merupakan warisan adat budaya Simarmata,” imbuhnya.

Jadi Naposobulung adalah masa depan Simarmata, diharapkan ada perubahan-perubahan positif yang terjadi pada Naposobulung membuat Naposobulung lebih kuat dan berakar untuk terus tumbuh dan berkarya.

Menurutnya, banyak kegiatan-kegiatan di Punguan seharusnya dapat melibatkan para Naposo Bulung seperti sosial, seminar, kebaktian padang bahkan bila perlu Natalpun kita serahkan saja kepada Naposo bulung yang melaksanakannya,” ucap Tumpal.

Kita orangtua seharusnya tinggal mengarahkan saja, karena mereka-mereka inilah nantinya calon-calon pemimpin dan penerus kita. Jadi kita jangan sampai merampas hak mereka, biarkan mereka kita beri andil di Punguan Simarmata.

Apa yang selama ini dilakukan oleh Forgemsi adalah untuk memajukan Punguan ini dan bukan pekerjaan yang muda tentunya, jadi tidak ada yang salah, “bila perlu Punguan Naposo dan Forgemsi ini bisa saling bersinergi, karena Naposo adalah generasi Muda, jadi gunakan Forgemsi ini sebagai wadah komunikasi,”katanya.

“Menanggapi hal tersebut, Janner Simarmata sependapat, agar naposo diikutsertakan dalam berbagai kegiatan punguan,” sambung Ketua Umum Generasi Muda Simataraja ini.

Saya juga mau menyampaikan, kesalahpahaman pemikiran orang-orang tentang Forum Generasi Muda Simataraja ini, karena banyak dari orangtua kita sepertinya mau membenturkan antara Naposo Bulung dengan Forgemsi.

“Padahal, menurut Janner, Forgemsi itu adalah sebuah wadah atau forum untuk sarana komunikasi untuk sebuah komunitas seperti punguan,” imbuhnya.

Dicontohkannya, semua Punguan pasti memiliki punguan Naposonya, Punguan Simataraja juga demikian, seperti Bandung, Jakarta, Medan, Pekanbaru, Jambi, Lampung dan daerah-daerah lainnya.

“Lalu, mari kita perhatikan, semua punguan Naposo Simarmata yang ada di Indonesia ini, tidak ada sinerginya dengan punguan-punguan Naposo Simarmata di daerah lain, semua punguan naposo hanya menginduk kepada punguan Simataraja didaerahnya saja, “tambah Janner.

Seharusnya, bila ini disatukan akan menjadikan kekuatan yang dasyat di Punguan Simarmata dan salah satu tujuan dari Forgemsi adalah untuk menyatukan semua punguan-punguan Naposo dalam satu forum melalui Forgemsi.

Lebih jelasnya, mari kita majukan Naposo Bulung karena mereka-mereka adalah generasi muda Simataraja yang akan memimpin punguan ini kelak

Mubes Kelima Punguan Simataraja di Pematangsiantar.

Pertemuan itu juga, Janner Simarmata juga menyampaikan persiapan-persiapan Mubes kelima yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus nanti.

“Bahwa Tata Tertib yang telah disusun oleh panitia pengarah, DPD memiliki hak suara 3 dan wilayah maupun sektor memiliki hak suara 1, semua peserta ini harus mendapat surat mandat dari Ketua Punguan,” ucap Janner yang juga panitia Mubes.

Jadi diharapkan semua DPD dan perangkatnya dapat hadir dan mensukseskan Mubes nanti.
“Hisar Simarmata mengatakan untuk saat ini, DPD maupun Wilayah belum memutuskan siapa-siapa saja yang akan diberangkatkan di Mubes nanti, kemungkinan dalam waktu dekat ini Punguan Simataraja Bandung akan mengadakan rapat, berhubung Tumpal Simarmata adalah satu pengurus di DPP pasti nanti dapat mengkomunikasikannya dengan ketua kami,” katanya.

Tumpal Simarmata berharap beberapa utusan dari DPD dan wilayah Se Bandung Raya bisa diberangkatkan di Mubes ini, karena ini adalah pesta Demokrasi empat tahun sekali.

“Saya juga akan meminta agar pengurus Punguan Naposo bisa diikutsertakan sebagai utusan, agar mereka bisa belajar cara berdemokrasi di punguan Simarmata dan melihat proses pemilihan pengurus secara langsung,” imbuhnya.

“Togardi juga berharap sekali bisa hadir dan diutus ke Mubes nanti, sebagai naposo hal seperti ini sangat kami harapkan, karena kami juga perlu belajar dari orangtua kami,” imbunya.

Menutup pertemuan itu, Ketua Forum Generasi Muda Simataraja Se Indonesia, berharap semoga Mubes kelima ini berjalan dengan lancar, dan memilih pengurus-pengurus yang mumpuni dan memiliki niat untuk membangun marga Simarmata.

Hal ini sangat diharapkannya, dan ketua terpilih nanti juga diminta dapat mensinergikan dan menata kestrukturan organisasi di punguan ini, dan yang terpenting di Mubes nanti ada pengakuan terhadap forum generasi muda simataraja ini,” tutup Janner. (js)

Komentar Anda