PT KAI Jajaki Jalur Kualanamu-Danau Toba
Ilustrasi

PT KAI Jajaki Jalur Kualanamu-Danau Toba

Medan, SIMARMATA.or.id – PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional (Divre) I Sumatra Utara tengah menjajaki perluasan jalur kereta dari Kualanamu-Danau Toba guna mengembangkan sektor pariwisata.

Kepala KAI Divre I Suryawan mengungkapkan ada ide untuk membangun perlintasan kereta api dari Kualanamu ke Danau Toba. Dia mengungkapkan rencana tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar yakni hingga Rp3,3 triliun.

“Pembangunan kereta dari Kualanamu-Danau Toba sangat potensi sekali. Namun yang dipikirkan terkait pendanaannya,” ungkapnya, Senin (13/6/2016).

Suryawan menuturkan, hal lain yang perlu dipikirkan sebelum membangun jalur perlintasan kereta api adalah, pengembangan daerah sekitar rel. Namun, terkait sumber dana, katanya, hal tersebut tergantung keputusan KAI pusat.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno menuturkan, agar seluruh perusahaan pelat merah bersinergi membangun kawasan wisata Danau Toba. Dia mengharapkan kalangan perbankan juga turut berperan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur dan pariwisata di Danau Toba. (nov/bis)

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.