TELKOM Akhirnya Terapkan Program Kampung UKM Digital Parapat

TELKOM Akhirnya Terapkan Program Kampung UKM Digital Parapat

Parapat, SIMARMATA.or.id – Akhirnya Program Kampung UKM Digital TELKOM berlabuh di Parapat Danau Toba. Kehadiran program unggulan TELKOM untuk komunitas UKM tersebut bukan tanpa alasan, mengingat Danau Toba telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

TELKOM berhasil mengajak komunitas pengusaha Kapal Wisata Danau Toba Parapat untuk menjadi bagian dari progam Kampung UKM Digital tersebut. Dengan kehadiran Kampung UKM Digital diharapkan para pelaku industri pariwisata Danau Toba akan semakin produktif dalam mendatangkan wisatawan domestik maupun manca-negara.

“Ada yang istimewa dalam implementasi Kampung UKM Digital Parapat. Ini adalah untuk pertama kalinya, TELKOM meresmikan Kampung UKM Digital di tepi danau dan untuk pertama kalinya juga menggandeng Komunitas Kapal Wisata,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service TELKOM, Muhammad Awaluddin dalam pembukaan Kampung UKM Digital Parapat, Jumat (27/5/22016).

Lebih lanjut Awaluddin menjelaskan, “Kami menggenjot Kampung UKM Digital ini bukan hanya untuk TELKOM, tetapi untuk Indonesia. Hari ini, kita telah berhasil meresmikan lokasi yang ke-116. Sebuah perkembangan yang positif mengingat pembukaan satu lokasi tidaklah mudah. Banyak hal yang harus disiapkan baik infrastruktur maupun non-teknis lainnya. Konsep Kampung UKM Digital yang diusung Telkom ini merupakan pemanfaatan TIK secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung atau area tertentu, sehingga para pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri dan modern.”

Sekilas informasi, Survei membuktikan keterlibatan UKM secara digital bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 2%. TELKOM sebagai BUMN ingin hadir untuk negeri, salah satunya melalui Program Kampung UKM Digital yang merupakan wujud dari Program 3 juta UKM Goes Digital hingga akhir 2016.

Awaluddin menyampaikan bahwa Kampung UKM Digital merupakan program TELKOM dengan pendekatan sinergi pentahelix Academician, Business, Community, Government, Media (ABCGM) menuju terwujudnya ekosistem UKM end to end melalui penggelaran layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Diharapkannya kolaborasi dengan pemerintah daerah dapat diwujudkan dalam program pendampingan bersama, dimana kegiatan-kegiatan pendampingan yang sudah pernah atau akan dilakukan oleh Dinas terkait akan dilakukan sinkronisasi dengan program yang dimiliki TELKOM. Ini nampak bahwa hingga saat ini, program Kampung UKM Digital telah hadir di berbagai kota dari Sabang hingga Merauke berkat dukungan pemda setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Komisaris Utama TELKOM, Hendri Saparini yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi atas implementasi Program Kampung UKM Digital Parapat. “Ekosistem Pariwisata tidak dapat dilepaskan dengan pemanfaatan TIK. Internet akan membantu percepatan dan penyebaran informasi pariwisata Danau Toba khususnya. Turis manca-negara membutuhkan informasi paket wisata serta seluruh ekosistem pendukungnya melalui internet.”

TELKOM dapat berbangga, bahwa program Kampung UKM Digital tersebut merupakan pionir dalam program pengembangan UKM berbasis teritori dan komunitas lokal yang mampu memberdayakan pelaku UKM menjadi mandiri dan berdaya saing dalam menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (sr/ari/one)

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.