Pemkab Samosir Gelar Festival Budaya “Gondang Naposo”

Pemkab Samosir Gelar Festival Budaya “Gondang Naposo”

Samosir, SIMARMATA.or.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Sumatera Utara (Sumut), mengadakan festival budaya Batak “Gondang Naposo” di Desa Urat pelataran Tugu Sinaga, Kecamatan Palipi, selama dua hari 6-7 Mei 2016.

Gondang Naposo merupakan ritual etnis Batak yang diyakini sebagai media perkenalan dan tegur sapa, berbalas pantun antarpemuda dan pemudi sampai melangkah ke jenjang perkawinan, digelar dalam rangkaian menarik wisatawan.

Sedikitnya 12 sanggar tari di Kabupaten Samosir dan delapan dari Kabupaten Dairi, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Kota Pematangsiantar dan Medan mengikuti ajang tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya (Parsenibud), Ombang Siboro mengatakan, kegiatan tahunan ini sebagai upaya pemerintah setempat untuk melestarikan dan mengembangkan nilai budaya, khususnya kepada kaum muda.

“Rangkaian dari HSF (Horas Samosir Fiesta) tahun 2016, kami harapkan juga menjadi sarana pertunjukan dan hiburan bagi wisatawan dan masyarakat,” ujar Ombang, Sabtu (7/5).

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, mengatakan, budaya Batak sebagai warisan leluhur layak dibanggakan dan ditampilkan menjadi satu daya tarik wisata Samosir.

Menurut bupati, diperlukan kreativitas para kawula muda untuk mengembangkan seni budaya sesuai perkembangan jaman, tanpa menghilangkan roh asli, supaya diminati masyarakat luas. (ber/ant)

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.