Wisatawan Padati Pantai Samosir

Wisatawan Padati Pantai Samosir

Samosir, SIMARMATA.or.id – Hari Raya Idul Fitri kedua, Pantai Samosir tepatnya Pantai Pasir Putih Parbaba, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah, Sabtu (18/7).

Destinasi wisata yang satu ini berada di Pulau Samosir, dengan estimasi enam jam perjalanan darat dari Kota Medan, Ibukota Provinsi Sumatera Utara. Perjalanan akan melewati Kota Pematangsiantar dan menyebarang menggunakan Kapal Ferry dari Dermaga Ajibata menuju Dermaga Tomok dilanjutkan ke Kecamatan Simanindo. Pantai ini sudah lama terkenal karena pasirnya yang putih bersih dan airnya yang jernih. Begitu juga fasilitas hiburan air yang disediakan oleh pengelola setempat semakin memanjakan pengunjung menghabiskan liburannya bersama keluarga.Untuk tiket masuk ke lokasi pantai ini, pengunjung dipatok dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 2000 per orang. Adapun permainan air yang disediakan di tempat ini yaitu sepeda air, speed boat, banana boat. Harga sewa sepeda air hanya mengeluarkan kocek Rp 50.000 rupiah per jamnya, sementara untuk biaya speed boat, biaya yang dikeluarkan cukup tinggi, yakni Rp 200.000 per jamnya.

Pengunjung juga bisa menyewa tikar untuk bersantai dengan harga Rp 20.000. Selain hiburan air, anda juga disuguhkan dengan pemandangan indah alam Tanah Batak serta udara yang sangat sejuk.

Bagi anda yang ingin berenang di Danau Toba tetapi takut dengan kedalaman ? jangan khawatir, anda dapat menyewa ban pelampung hanya dengan harga Rp 5000 sampai puas.

Saat ditanyai, seorang pengelola tempat wisata, K. Sihaloho mengatakan pendapatannya meningkat semenjak libur lebaran. Pendapatan yang Ia dapat dari hari biasanya meningkat hingga 300 persen. Hal itu Ia dapat dari jasa penyewaan tikar, ban pelampung dan sepeda air.

“Sampai hari ini pendapatan kita jauh meningkat sampai 300 persen lah, hari libur seperti ini pengunjung memang padat dan ramai,” ucapnya.

K. Sihaloho juga membuka warung kecil-kecilan yang menjual berbagai jenis jajanan serta makanan ringan bagi pengunjung yang tidak mau repot keluar untuk membelinya.

Salah seorang pengunjung, Billy Pasaribu, yang datang jauh dari Kota Medan menggunakan sepeda motor bersama kerabatnya, mengatakan sangat senang menikmati pemandangan Danau Toba di Pantai Pasir Putih Parbaba tersebut.

Billy sendiri mengetahui lokasi ini dari temannya yang sebelumnya sudah pernah singgah disini. “Saya senang bisa mengunjungi tempat ini, pemandangannya bagus, pasirnya juga putih dan bersih, “Saya tidak kecewa setelah sampai di tempat ini, perjalanan panjang dan melelahkan dari Kota Medan sudah terbayar disini,” ujarnya.

Pulau Samosir sendiri banyak memiliki destinasi wisata alam, misalnya di Tuk-Tuk Siadong yang sudah terkenal sampai ke mancanegara serta permandian air panas di Kecamatan Pangururan.

Begitu juga dengan wisata budayanya, Pulau Samosir dikenal sebagai tanah leluhur Suku Batak, tentunya banyak menyimpan tradisi budaya Batak Toba. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Pagelaran Budaya Batak Toba di Huta Siallagan (Kampung Siallagan). Anda bisa menyaksikan berbagai macam penampilan tradisi Orang Batak seperti Tor-tor Si Gale-gale.

Jika ingin membeli buah tangan, anda bisa mendapatkannya di dekat Dermaga Tomok. Berbagai macam cendramata seperti gelang, kalung, hiasan dinding, batik ulos, serta aksesoris yang identik dengan Batak Toba bisa anda dapatkan.

 

Danau Toba yang juga berada di daerah Kabupaten Samosiri akan diakui oleh UNESCO, salah satu lembaga PBB yang mengurusi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan, sebagai salah satu Geopark Kaldera atau taman bumi nasional. Pemerintah Provsu dan Kabupaten Samosir saat ini sedang mempercepat proses pengakuannya dari lembaga dunia tersebut.
Sumber: Menara News

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.