Festival Danau Toba Diselenggarakan di Samosir

Festival Danau Toba Diselenggarakan di Samosir

MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Samosir dipercaya kembali sebagai penyelenggara Festival Danau Toba yang akan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2015.

Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan kepercayaan untuk kembali menjadi penyelenggaran Festival Danau Toba itu merupakan keputusan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata.

Belum lama ini, sejumlah pemkab di sekitar kawasan Danau Toba diundang untuk membahas penyelenggaraan Festival Danau Toba yang merupakan agenda tahunan tersebut.

“Dalam pertemuan itu, Samosir dipercaya kembali untuk menjadi penyelenggara,” katanya di Medan, Sabtu 4 April 2015.

Sebelumnya, Pemkab Samosir pernah menjadi panitia kegiatan yang mempromosikan potensi wisata di sekitar kawasan Danau Toba tersebut pada tahun 2012.

Menurut Bupati, dalam rapat di Kementerian Pariwisata tersebut, disepakati pendanaan Festival Danau Toba bersifat kemitraan antara pemerintah pusat, Pemprov Sumut, dan Pemkab Samosir.

Dalam kegiatan yang akan diselenggarakan pada pertengahan September itu, pihaknya tetap mengangkat tema yang bersifat mempromosikan berbagai potensi budaya dan pariwisata di sekitar Danau Toba.

“Temanya masih sama yakni mengedepankan budaya toba dan alam sekitar kawasan Danau Toba,” kata Bupati.

Anggota DPRD Sumut Brilian Moktar mengatakan, Pemprov Sumut harus dapat mendukung Pemkab Samosir dan mengerahkan seluruh kemampuan untuk menyukseskan Festival Danau Toba.

Meski bersifat agenda tahunan, tetapi Festival Danau Toba memiliki peranan yang sangat strategis dalam mempromosikan potensi wisata Sumut, terutama budaya dan keindahalan alam Danau Toba.

“Kegiatan ini sangat strategis, apalagi pemerintah telah menetapkan sektor pariwisata menjadi salah satu ‘leading sector’ perekonomian nasional,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.