Safari Tahun Baru Tim Survei dan Audensi Rombongan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata ke Pemkab Samosir

Safari Tahun Baru Tim Survei dan Audensi Rombongan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata ke Pemkab Samosir

Medan, SIMARMATA.or.id – Hari ini Selasa, 17 Januari 2012 Rombongan berangkat dari Citra Garden Rumah Notaris Jonas pkl. 9.00 wib pagi menuju Pematang Siantar, setelah sampai di pematang Siantar Rombongan di jamu makan siang oleh Pdt. WTP.Simarmata, MA., beserta Ibu br.Purba, kemudian bersama-sama menuju Pemkab Samosir via Parapat. Rombongan tiba di Simarmata pkl.19.00 wib malam.

Pengurus Simataraja Indonesia 2008-2012

Pengurus Simataraja Indonesia 2008-2012

Luar biasa dan suprise sambutan tokoh-tokoh Simarmata yang ada di Bona Pasogit yang di hadiri kurang lebih 150 orang yang diprakarsai oleh Ir.Hatorangan Simarmata sekaligus sebagai Sekda Kabupaten Samosir. Acara makan bersama dimulai lengkap dengan pagori sebagai simbol kehormatan rombongan dan diberikan kepada Bpk.Pdt. WTP.Simarmata, MA. didampingi Pengurus Pusat Se – Indonesia Drs. Saragi Simarmata,,SE., Ak., MM dan Pengurus Medan Drs. Gerwin Simarmata. Ramah tamah dimulai penuh semangat dan harapan.

Paparan saat ramah tamah :
1. Drs. Saragi Simarmata,SE., Ak., MM yang didaulat sebagai Protokol dan juga sebagai Sekretaris Umum Se-Indonesia yang sehari-hari sebagai Consultant dan Dosen ini mengatakan : Punguan Simataraja Raja Simarmata pada Umumnya sudah terbentuk hampir semua kota-kota besar di Indonesia, namun kebersamaan perlu dibangun secara menyeluruh hingga sampai memperkenalkan Potensi Alam seperti Aek Sipitu Mata Panjolmaan (Aek Panjaean Datuktukraja), Aek Sigornang dan Aek Pearoba yang merupakan kekayaan Budaya dan Warisan Ompu Simataraja Raja Simarmata dari generasi ke generasi. Maka dengan adanya acara ini kita akan Audensi dan mengusulkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir (Bupati) untuk membangun infra struktur kenegerian Simarmata dan Sihusapi. Khusus Aek Pearoba Sangat Potensial menjadi Industri Wisata.

2.Drs.Gerwin Simarmata yang mantan Pimpinan Centra BNI Pematang Siantar ini dan sehari-hari Pimpinan BNI Multifinance Cabang Medan mengatakan : Saya terharu melihat semangat dan sambutan yang luar biasa dan setianya menunggu kami rombongan dari Medan, saya berterima kasih atas sambutan ini mudah-mudahan semakin tumbuh dipomparan opung kita Simataraja Raja Simarmata saling mengasihi dan menyayangi sehingga tercipta kerukunan sesuai dengan pesan Opung kita. Sekaligus saya mengundang Pomparan Simataraja yang ada di Bona Pasogit untuk menghadiri acara Pesta Bonataon dan Pelantikan Pengurus Baru Simataraja Raja Simarmata pada Hari Minggu, 26 Pebruari 2012 di Wisma Taman Sari di Medan.

3. Pdt. WTP.Simarmata, MA. mantan Sekretaris Jenderal (Sekjend) HKBP ini yang juga sebagai ketua Forum Komunikasi dan Konsultasi Gereja-Gereja Sumatera Utara (FKKGSU) ini mengatakan : Bahwa Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata telah tersebar di beberapa Negara di Dunia, namun demikian tidak boleh lupa akan Budaya, terlebih warisan leluhur kita yang menjadi kekayaan kita marga Simarmata, karena tidak semua marga mempunyai nilai budaya yang tinggi seperti Aek Sigornang dan tidak semua Marga sama marganya dengan nama kampung halamannya (huta) yaitu Kenegerian Simarmata.

4. Ir. Tumpal Simarmata mantan Manager (ADM) PTP IV yang juga sebagai Bendahara Umum Pengurus Simataraja Raja Simarmata di Wilayah Medan ini mengatakan : Saya kagum melihat acara malam ini, luar biasa sebaiknya kita malam ini harus membentuk Punguan Simataraja Raja Simarmata di Kabupaten Samosir yang didaulat sebagai Ketua Umum Bpk. Ir. Hatorangan Simarmata, kami mengharapkan untuk membuat pengurus yang akan dilantik minimal KSB yaitu Ketua,Seretaris dan Bendahara dan secara bersama-sama dengan pengurus Medan dilantik oleh Pengurus Pusat pada tanggal 26 Pebruari 2012 di Wisma Taman Sari Medan. Maka dengan semangat Pak Tumpal Simarmata, semua yang hadir memberi Applause yang meriah.

5. Drs. Mangambit Simarmata, M.Pd sebagai Dosen Unimed dan juga Ketua Yayasan St. Elisabeth ini mengatkan : Bernostalgia, Saya teringat sekitar tahun 70-an waktu naposo bulung (muda-mudi) pernah ditempat ini membuat acara naposo yaitu Pungsibena (Punguan Naposo Bulung Simarmata dohot Berena), Orang yang selalu mengingat Bonapasogit (kampung halaman) pastilah dapat berkat. Sambutan yang luar biasa dari pomparan Simataraja Raja Simarmata.Tuhan Berfirman dari Matius 17:4-5, 7 Kata Petrus kepada Yesus: “Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.”

Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia.”

Lalu Yesus datang kepada mereka dan menyentuh mereka sambil berkata: “Berdirilah, jangan takut!”Paparan yang disampaikan oleh Ir. Hatorangan Simarmata juga sebagai Sekda di Pemkab Samosir ini mengatakan : Kami mohon maaf bila ada yang kurang atas pelayanan ini, kami berusaha melakukan yg terbaik buat, Bapak, Abang, Saudara kami Pomparan Ompung kita Simaraja Raja Simarmata yang datang dari Pengurus Pusat Se-Indonesia, Pengurus Medan serta Panitia Pesta Bonataon dan yang lain rombongan dari Medan.

Kami melihat adanya rasa kebersaman besar saat ini, mudah mudahan terbangun secara terus-menerus dari generasi ke generasi, kita harus meniru dan harus melakukan prilaku yang dilakukan Opung kita Simataraja terhadap adiknya Nadeakraja, yang sifatnya rendah hati, rela berkorban dan juga sebagai Panglima terhadap marga yang lain yaitu Marga Turnip dan Marga Siallagan. Saya sebagai Pomparan Simataraja Raja Simarmata tidak pernah membeda-bedakan, kita harus mengingat Pesan Kehidupan dari Ompung kita Simataraja : Sada ma hamu tu dolok tu toruan di desa naualu, denggan ma hamu marsiurupan, marsiiring-iringan, marsiolo-oloan Balintang ma pagabe natinabo-taboan Arimu ma gabe ala olo hamu Marsiolo-oloan, Marsitungkol-tungkolan. Dan Pesan kepada kita Pomparannya : Hamu anakku na tolu, marsianju-anjuan ma hamu jala rap ma hamu sapanganan sian Tatuan na hutinggalhon i dibagasan sada ni roha. Luar biasa pesan ini. Mengapa prilaku Ompung kita Simataraja dan pesan ini tidak ada lagi melekat di dalam diri kita?? Mengapa kita saling mengecilkan tidak saling membangun?? sambutan Bapak Ir. Hatorangan Simarmata sambil meneteskan air mata, marilah kita bergandengan tangan untuk memperbaiki ini semua khususnya Generasi kita ke depan dan marilah kita lestarikan Warisan Opung kita Simataraja sebagai kekayaan budaya seperti Aek Sipitumata Panjolmaan, Aek Sigornang dan Pearoba ke Generasi kita.

Pada tanggal, 18 Januari 2012 rombongan melakukan Perjalanan ke -Tugu sebagai Lambang Kesatuan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata di Desa Simarmata selanjutnya survei ke Desa Sihusapi Aek Sipitumata Panjolmaan, Aek Pearoba dan Aek Sigornang peserta rombongan melihat Aek sipitumata Panjolmaan yang selalu mengalir dan berfoto bersama, rombongan peserta survei banyak yang kagum dan terpesona melihat panorama ke indahan Pearoba, dan muncul beberapa pertanyaan dari peserta survei mengapa tidak dari dulu dimanfaatkan keindahan alam ini menjadi Industri Parawisata, luar biasa sangat luar biasa kebesaran Tuhan yang diberikan kepada kita Pomparan Simataraja Raja Simarmata, sekarang apa yang dapat kita lakukan atas warisan ini? pertanyaan dari peserta survei. Maka rombongan peserta survei sekitar pukul 12.00 wib menuju Aek Sigornang dan berfoto bersama. Perjalanan dilanjutkan untuk Audensi ke Bupati Pemkab Samosir Ir. Mangindar Simbolon yang di dampingi Sekda Ir. Hatorangan Simarmata beserta Asisten dan Staff lainnya.

Sebagai Protokoler Drs. Saragi Simarmata,SE., Ak., MM memaparkan maksud dan tujuan Audensi, yang dijelaskan secara detail oleh Pdt. WTP.Simarmata, MA. Pemkab Samosir well come dan sangat akrab atas kehadiran rombongan dengan sambutan Bapak Bupati mengatakan pada dasarnya Desa Sihusapi khususnya Aek Pearoba sudah kami survei, hanya saja kami dalam hal ini Pemkab mengharapkan persetujuan dari Pemilik lahan sekaligus pembebasannya untuk dikelola Pemerintah sepenuhnya untuk keperluan umum, maka dengan kehadiran rombongan Pomparan Simataraja yang sekaligus pemilik lahan tersebut mempunyai komitmen untuk duduk bersama Pomparan Simataraja Raja Simarmata, sehingga terciptanya suasana yang kondusif. Kita mengharapkan supaya Pemkab Samosir memasukkan Program ini dalam APBD 2012 untuk Perbaikan Infra Struktur khususnya jalan aspal sampai ke Pearoba Desa Sihusapi. Demikianlah survei dan harapan kita Pomparan Simataraja Raja Simarmata Pengurus Pusat Se-Indonesia, kota Medan Sekitarnya dan tokoh-tokoh yang ada dibona pasogit.
Terimakasih. (js)

Komentar Anda

About Admin

Admin
Janner Simarmata adalah Humas DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Se Indonesia, dimana sebelumnya adalah Ketua Bidang Infokom DPP diperiode kepengurusan tahun 2008-2012 dan 2012-2016. Dia juga yang mengelola website SIMARMATA.OR.ID sejak tahun 2008 hingga saat ini.